Agar Bisa Sekolah, Siswa di Tuban Lakukan Teatrikal Hadapi Corona

Agar Bisa Sekolah, Siswa di Tuban Lakukan Teatrikal Hadapi Corona

TUBAN – Sejumlah siswa dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 3 (tiga) Panyuran Tuban menggelar teatrikal pandemi Covid-19 di halaman sekolah setempat.

Aksi itu dilakukan dalam menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia yang berlangsung di tengah merebaknya wabah virus Corona yang melanda negeri ini, Senin (16/08/2021).

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Muhammadiyah 3 Panyuran Tuban, Chilmi Muchammad mengatakan, agenda upacara dilakukan untuk peringati HUT ke-76 RI, dimana saat ini virus Corona melanda dan menyerang dunia. Akibatnya, pemerintah membuat berbagai aturan, seperti penerapan protokol kesehatan dan Pembatasan Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Bacaan Lainnya

“Maksud dan tujuan kegiatan teatrikal ini agar anak-anak paham tentang protokol kesehatan. Karena data di Jawa Timur sendiri anak-anak yang terpapar juga kurang lebih ada yang sampai meninggal,” ungkap Chilmi Muchammad.

Menurutnya, meski Kabupaten Tuban masuk level 3, dan secara aturan proses kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara berjenjang yaitu sistem shift. Namun, memberikan edukasi terhadap anak-anak juga sangat penting.

“Anak-anak juga merindukan ingin sekolah seperti biasanya, termasuk upacara yang kita lakukan bisa mengobati keinginan anak-anak,” ucapnya.

Kepsek juga berharap, pandemi segera usai dan proses belajar mengajar bisa kembali normal.

Sementara itu, ketika teatrikal dilakukan, terlihat anak-anak memainkan peran satu sama lain, ada yang memerankan sebagai virus Corona, tim medis, petugas disinfektan hingga siswa yang tidak memakai masker.

Begitu ada siswa yang tidak memakai masker, virus Corona akan menempel sehingga beberapa dari mereka ada yang berjatuhan dilantai, seolah menjiwai jika dirinya sakit.

Pada saat itu juga datang petugas disinfektan dan tim medis yang menolong. Pihak sekolah mempunyai ide edukasi belajar dan bermain agar siswa paham pentingnya memakai masker.

Salah satu siswa bernama Muhammad Riza Saputra berharap bahwa virus Corona bisa segera usai agar siswa bisa masuk sekolah seperti biasanya.

“Sudah lama gak masuk sekolah, mangkanya saya berharap semoga Corona cepat berlalu dan bisa masuk kembali,” pungkasnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS

Pos terkait