, () – Berbagai cara dilakukan oleh orang agar bisa mendapatkan uang dengan cara pintas. Seperti halnya yang terjadi dan menimpa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

Betapa tidak, aksi pencatutan nama pejabat pemerintah di Kota Ledre tersebut kembali terulang dan bahkan muncul akun WhatsApp dengan nama Adriyanto berikut foto profil pejabat sementara (Pj) Bupati Bojonegoro.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bojonegoro, Siswoyo menjelaskan, jika terduga pelaku pembuat akun WhatsApp dengan nama Adriyanto yang juga menggunakan foto profil Pj Bupati Bojonegoro itu tercatat memakai nomor +6285211157568.

“Akun itu diketahui saat sedang melakukan percakapan dengan salah seorang warga Bojonegoro dan dilaporkan kepada kami,” terang Siswoyo dalam keterangan resmi yang diterima media, Rabu (31/1/2024).

Ia mengungkapkan, bahwa dari percakapan dengan warga melalui aplikasi pesan singkat, nomor pada akun tersebut menyampaikan “Selamat pagi pak Suryadi, pak Adriyanto”.

“Nomor telepon tersebut dipastikan bukan milik Pj Bupati Bojonegoro. Meski profil yang dipasang adalah foto Pj Bupati Adriyanto,” jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati apabila terdapat nomor baru yang mengirim pesan yang dinilai tidak rasional, termasuk jika meminta sesuatu, terutama kepada pihak yang mengatasnamakan Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto. Sebab, akun tersebut disinyalir merupakan modus penipuan atau kejahatan sosial media.

“Kami mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dalam menggunakan aplikasi di ponsel pintar, khususnya dari nomor yang tidak dikenal, termasuk yang mengatasnamakan Pj Bupati Bojonegoro yang viral itu, karena nomor yang tertera tersebut adalah hoaks. Pastikan kroscek terlebih dahulu,” pungkasnya. (Ags/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS