TUBAN (Ronggo.id) – Wisata Embung Bulurejo (WEB) yang berada Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten , diupayakan untuk dibangkitkan kembali menjadi destinasi wisata primadona masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban saat mengunjungi WEB tersebut, Selasa (14/6/2022).

Kepala Bidang Pariwisata, Umi Hanik mengatakan, WEB memiliki potensi yang sangat besar, karena terdapat keindahan alam yang sangat bagus dan diyakini mampu menarik minat pengunjung untuk datang.

“Kalau melihat WEB ini potensinya sangat besar, karena viewnya sangat indah. Ada pemandangan gunung dan persawahan. Kami yakin jika dikelola dengan benar, akan mampu menarik pengunjung,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, destinasi wisata memiliki peran yang sangat luar biasa bagi pertumbuhan dan mengangkat perekonomian masyarakat. Kendati begitu, dalam pengelolaan wisata ini, ia kembalikan lagi kepada Pemerintah Desa, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), BUMDes, dan Karang Taruna.

“Kepengurusan dan pengelolaannya harus benar-benar jelas. Bisa dari Pokdarwis, Karang Taruna, intinya orang yang fokus pada pariwisata,” jelas Umi.

Ditempat yang sama, Kepala Dusun Bulurejo, Saiqul menyatakan bahwa, Pemdes masih ragu untuk mengelola destinasi WEB. Pasalnya, selain terkendala keuangan, wilayah Bulurejo sendiri masih rawan banjir.

“Rencana kedepan memang ada, tapi kami masih banyak pertimbangan. Selain rawan banjir, pihak desa juga mempertimbangkan masalah tanah yang bukan termasuk tanah desa. Karena tanah itu dari Solo Velley,” ujarnya.

Tak hanya itu, di wilayah tersebut juga dicanangkan akan dibangun sudetan atau saluran untuk mengalihkan arus air sungai oleh pihak Solo Velley. Karenanya, pihak desa masih mempertimbangkan berbagai hal untuk pengelolaan WEB.

“Jadi, ketika ada sodetan, tanah ini akan diambil oleh pemiliknya, yaitu Solo Velley. Maka itu, kami masih banyak pertimbangan. Kalau masalah kepengurusan, akan kita serahkan ke Karang Taruna dan pihak desa hanya memfasilitasi,” pungkasnya.

Sebatas diketahui bahwa, Wahana Embung Bulurejo (WEB) sempat viral dan menjadi primadona masyarakat pada 2018 lalu. Karena dampak Pandemi Covid-19, WEB tersebut kini tidak terawat. Bahkan dermaga yang dulunya kokoh, saat ini terlihat rusak parah dan nyaris tenggelam.

Untuk itu Disbudporapar Tuban mengajak masyarakat untuk membangkitkan kembali wahana tersebut sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi, sehingga mampu meningkatkan perekonomian warga. (Ags/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS