– Tim Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri bersama Polda Jawa Timur melakukan peninjauan Pos Pelayanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Rest Area Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (29/12/2021).

Kepada awak media, Korlantas Mabes Polri, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Indra Jafar mengatakan bahwa, pihaknya bersama tim sengaja datang untuk melihat secara langsung kesiapan pengamanan Pos Pelayanan Nataru di wilayah hukum .

“Kami kesini ingin melihat secara langsung Pos Pengamanan Nataru ini. Alhamdulillah secara umum, situasi arus lalu lintas di wilayah hukum Polres Tuban berjalan aman dan lancar,” ungkap Kombes Pol. Indra Jafar didampingi , AKBP Darman usai melihat Pos Pengamanan Nataru di Rest Area Tuban.

Tinjau Pos Pengamanan Nataru di Tuban, Ini Pesan Korlantas Polri
didampingi Kasat Lantas Polres Tuban memantau Pos Pengamanan Nataru di Tuban

Pria kelahiran Malang 1974 ini mengaku, jika sampai saat ini belum ada titik-titik peningkatan arus lalu lintas maupun aktivitas masyarakat yang cukup signifikan.

“Dari awal mulai Natal hingga menjelang tahun baru ini, situasi masih landai dan aman,” jelas lulusan Akpol 1995 ini.

Saat ini yang perlu diantisipasi ialah, Lanjut Kombes Pol. Indra Jafar, kondisi cuaca yang tidak menentu. Seperti musim hujan yang berdampak banjir, serta potensi bencana-bencana lain termasuk meletusnya Gunung di Lumajang.

“Dari awal pengamanan, kami berkonsentrasi untuk mengantisipasi potensi bencana. Mudah-mudahan sampai dengan nanti tahun baru dan seterusnya tidak ada lagi bencana alam,” pintanya.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Pusat ini berpesan kepada masyarakat agar tidak euforia terlalu berlebihan dimalam tahun baru. Jika tidak ada kegiatan penting, sebaiknya di rumah saja. Apalagi saat ini Virus Corona dan varian baru Omicron masih mengancam.

Tinjau Pos Pengamanan Nataru di Tuban, Ini Pesan Korlantas Polri

“Di Jakarta dan sekitarnya, sudah ada yang kena virus Omicron ini. Mudah-mudahan tidak ada yang kena lagi dan tidak menyebar luas, sehingga aktifitas masyarakat bisa berjalan seperti biasanya,” pesannya.

Selain di Tuban, Tim dan Polda Jatim juga sebelumnya telah memantau kesiapan pengamanan Nataru Gresik, kemudian di Tuban, dilanjutkan ke Bojonegoro dan terakhir di wilayah Lamongan. Hingga saat ini, belum ditemui lonjakan kendaraan. Justru secara umum, aktifitas masyarakat masih datar. Seperti kegiatan bekerja dan lainnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan agar tetap mematuhi aturan lalu lintas. Sebab, kecelakaan tidak melihat siapa yang saat itu berada di jalan. Siapkan mental dan stamina tubuh serta kendaraan sebelum memulai perjalanan. Utamanya ialah dengan tertib dan sopan dalam berlalu lintas.

“Kami selalu melakukan sosialisasi dan menghimbau kepada masyarakat dan penggunaan jalan untuk memeriksa kesehatan fisik dan mental serta kondisi kendaraannya sebelum melakukan perjalanan. Kuncinya ialah tertib dalam berlalu lintas, agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain juga bisa selamat sampai tujuan,” pungkasnya.

Tinjau Pos Pengamanan Nataru di Tuban, Ini Pesan Korlantas Polri

Dalam kegiatan ini, juga melakukan kegiatan vaksinasi massal kepada masyarakat sekitar maupun pengguna jalan yang belum disuntik vaksin di Pos Pengamanan Rest Area serta pembagian paket sembako kepada warga yang membutuhkan.

Sekedar diketahui, berbagai fasilitas disiapkan didalam Posko Pengamanan Nataru tahun ini. Diantaranya ialah tempat istirahat ber AC, makanan siap saji dan air minum hingga kopi. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan rasa aman, nyaman dan menjaga keselamatan masyarakat serta pengguna jalan.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS