– Ditengah Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah, Empat Pilar Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban terus bersinergi melaksanakan Operasi Yustisi dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19.

Operasi yustisi gabungan yang dipusatkan di Koramil 0811/20 dipimpin langsung oleh Danramil Grabagan Kapten Hasan Bisri dan diikuti 3 pimpinan pilar yang lain, yaitu Kapolsek IPTU Darwanto, Camat Joko Suprianto, kemudian juga drg. Hariyati Pujiastutik selaku Kepala , Senin (25/4/2022).

Disamping mengingatkan masyarakat untuk selalu menggunakan masker, sebagai upaya akselerasi vaksinasi, dalam kegiatan tersebut juga disediakan sebanyak 361 dosis vaskin, meliputi dosis 1, dosis 2 dan booster atau dosis 3.

Komandan Rayon Militer 0811/20, Kapten Inf Hasan Bisri menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak, menghimbau kepada pengguna jalan agar mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker untuk mencegah penyebaran dan memutus mata rantai Covid-19, terlebih saat melaksanakan aktivitas diluar rumah.

“Tentunya operasi yustisi seperti ini bakal terus dilakukan, meskipun saat ini penyebaran Covid-19 melandai, tapi yang perlu diketahui bersama bahwa pandemi masih belum berakhir,” ujar Danramil Grabagan saat dijumpai, usai berbuka.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pembagian masker serta vaksinasi ditempat bagi masyarakat yang belum sama sekali melakukan vaksin maupun tahapan vaksinasinya belum lengkap.

“Akselerasi vaksinasi ini sangat penting, mengingat apabila kita sudah vaksin, jika terkena Covid-19 maka potensi penyembuhannya lebih cepat, karena didukung dari terbentuknya imunitas dalam tubuh,” jelasnya.

Diketahui, operasi yustisi kali ini dimulai pukul 13:00 hingga pukul 17:00 Wib, kemudian dilanjutkan dengan buka bersama yang dilaksanakan di Halaman Puskesmas Grabagan.

Kepala Puskesmas Grabagan, drg. Hariyati Pujiastutik menuturkan, dibutuhkan kolaborasi antar institusi agar capaian vaksinasi kepada masyarakat dapat terwujud untuk membentuk herd immunity.

Oleh sebab itu Hariyati yang juga Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Tuban berharap kekompakan yang selama ini telah terjalin bisa tetap terjaga.

“Kami berharap kerjasama ini terus berlanjut demi memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat, khususnya dari ancaman covid-19 dan semoga pandemi cepat berakhir,” tuturnya.

Sebatas diketahui, capaian vaksinasi dalam Operasi yustisi tersebut mencapai 100 persen dari total dosis yang disediakan, dengan rincian dosis pertama 11 orang, dosis kedua sebanyak 18 orang, sedangkan untuk booster berjumlah 332 orang. (Ibn/jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS