– Menjelang Berakhirnya Bulan Ramadan 1443 Hijriah dan menyambut lebaran, Komunitas Sosial di Tuban dengan nama (AKG) Peduli bagi-bagi takjil yang menyasar kepada pengguna jalan yang melintas.

Namun berbeda dengan yang dilakukan masyarakat pada umumnya, dimana pembagian takjil biasanya dilaksanakan ditempat keramaian agar mudah dijangkau oleh masyarakat umum.

Kali ini aksi pembagian makanan untuk berbuka tersebut digelar di sepanjang jalan kawasan hutan yang jauh dari pemukiman warga, tepatnya di hutan Perbatasan Kecamatan Grabagan dan Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Senin (25/4/2022).

Ketua AKG Peduli, Wawan Ervangga mengatakan, memilih tempat tersebut sebagai lokasi karena memang konsen terhadap pengguna jalan yang tidak sempat berbuka puasa di rumah.

“Memang sengaja memilih lokasi ini, sebab kami ingin takjil benar-benar dapat diterima oleh mereka yang membutuhkan, khususnya pengendara yang menempuh perjalanan jauh,” kata Wawan.

Selain fokus kepada pengendara, kondisi hutan yang sepi dari pemukiman juga untuk menghindari kemacetan lalu lintas maupun kerumunan yang bisa mengakibatkan kecelakaan.

“Tentu banyak yang kami perhitungkan, jangan sampai kegiatan yang baik ini menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” timpanya.

Wawan menyebut, Kegiatan Sosial di bulan ramadan seperti saat ini merupakan agenda rutin setiap tahunya. Bahkan pada bulan puasa tahun lalu, selain bagi takjil, AKG Peduli juga mengadakan penyerahan santunan kepada puluhan anak yatim yang tersebar di wilayah Kecamatan Grabagan.

Pria yang biasa disapa Wawan itu menjelaskan, dana yang dipakai untuk kegiatan tersebut berasal dari iuran anggota serta dari para donatur yang selama ini kerap mensupport aksi-aksi sosial.

“Alhamdulillah, saat ini ada seribu takjil yang sudah di salurkan, semoga dapat sedikit membantu saudara-saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa sebagai bekal untuk berbuka. Tak lupa kami juga sampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak yang turut berpartisipasi dalam giat sosial ramadan tahun ini,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS