TUBAN, (Ronggo.id) —  Dalam mendukung pelaksanaan pembangunan kilang Tuban atau Grass Root Refinery (GRR), PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) berkolaborasi dengan masyarakat dengan melaksanakan peningkatan kualitas sumberdaya masyarakat (SDM) di Tuban melalui program beasiswa pendidikan lanjutan dari Pertamina di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas di Cepu, Jawa Tengah.

Vice President Human Capital PT KPI, Kurnia Salwa Dewi mengatakan, program beasiswa pendidikan lanjutan ini merupakan komitmen Pertamina untuk membangun SDM yang benar-benar unggul dan siap dikaryakan di fasilitas kilang PT KPI yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia.

“Kami tidak sabar menunggu kiprah mereka bersama kami dan mendedikasikan ilmu yang telah diterima selama mengikuti pendidikan,” ungkap Kurnia Salwa Dewi disela Wisuda Program Sarjana Terapan ke 51 Tahun Akademik 2021/2022 di Gedung Graha Oktana Kampus PEM Akamigas Cepu, Senin (18/7/2022).

Tercatat sejumlah 20 siswa penerima beasiswa PEM Akamigas dari Pertamina asal Tuban menjalani proses penyerahan sertifikat kelulusan yang sekaligus menandai berakhirnya pendidikan para siswa di PEM Akamigas.

Pjs. Corporate Secretary , Milla Suciyani menjelaskan program beasiswa pendidikan lanjutan di PEM Akamigas ini merupakan salah satu kolaborasi dengan masyarakat dan lingkungan yang dilakukan oleh tim Proyek Grass Root Refinery (GRR) Tuban untuk meningkatkan kapabilitas masyarakat sekitar wilayah operasi, dalam hal ini menyasar kalangan generasi muda. Lebih dari itu, perusahaan meyakini bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang yang paling penting sebagai modal dasar pembangunan, terutama pendidikan bagi masyarakat yang berasal dari daerah sekitar kegiatan perusahaan.

“Kami, PT KPI memandang penting upaya peningkatan kapasitas masyarakat sekitar operasi perusahaan melalui program beasiswa pendidikan. Program Beasiswa ini merupakan komitmen kami untuk mengembangkan kapasitas SDM masyarakat sekitar area proyek perusahaan,” terang Milla Suciyani.

Pada tahun 2021, PRPP pun telah memberikan beasiswa yang sama kepada 26 siswa asal Tuban. Selain di Tuban, beasiswa juga diberikan kepada 30 siswa yang berasal dari area proyek pembangunan Petrochemical Complex Jabar di Balongan Indramayu dimana ke-30 siswa tersebut diberikan kesempatan menempuh pendidikan Program Diploma III di Kampus Akamigas Balongan dan Politeknik Indramayu.

“Harapannya para penerima beasiswa ini akan menjadi sumber energi baru pengelolaan kilang, sekaligus sebagai langkah perusahaan dalam mencapai ESG dalam hal perekrutan dan pengembangan pekerja yang kompeten dari sekitar wilayah operasi Pertamina,” jelas Milla.

Dilain sisi, Presiden Direktur PRPP, Reizaldi Gustino menyataka, PRPP sebagai perusahaan yang akan membangun dan mengoperasikan kilang GRR Tuban, meyakini program beasiswa ini akan berdampak positif bagi peningkatan kapasitas sumber daya manusia di sekitar area proyek GRR Tuban.

“Kami berharap kelulusan para penerima beasiswa Pertamina ini mendorong warga sekitar untuk berlomba-lomba meningkatkan kapasitas diri sehingga warga Tuban dapat menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri dengan berkontribusi secara optimal di kilang GRR Tuban maupun aktivitas pendukung kilang lainnya,” ucap Reizaldi.

Sementara itu, salah seorang penerima beasiswa Pertamina di PEM Akamigas, Tin Khoirinnatul Musyarofah atau akrab disapa Inna menyatakan antusiasmenya untuk segera berkontribusi di kilang milik Pertamina.

“Setelah lulus saya berharap dapat segera bergabung dengan Pertamina dan mengamalkan ilmu yang telah saya dapatkan dari PEM Akamigas untuk mensukseskan kilang PRPP, membanggakan orang tua, orang sekeliling saya juga daerah saya,”ujar mahasiswi asal Sumurgeneng, yang juga menjadi lulusan terbaik.

Upaya PT KPI melalui program beasiswa pendidikan lanjutan ini merupakan langkah strategis perusahaan untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas generasi muda yang menjadi energi masa depan bangsa. Diharapkan para penerima beasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan kelak dapat menjadi bagian dari energi muda Kilang Pertamina serta dapat berkontribusi maksimal dalam memajukan Tuban dan Indonesia di masa mendatang.

Hal tersebut juga sejalan dengan dukungan perusahaan mewujudkan SDG’s ke-4  pendidikan berkualitas dan SDG’s ke-8, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. (AF/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS