TUBAN, (), Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di , Kabupaten Tuban tahap pertama telah selesai dilaksanakan, dengan capaian 584 dosis.

Kegiatan vaksinasi tahap awal ini dimulai 29 Juni hingga 4 Juli 2022 dengan sasaran ternak sapi yang berada di 4 Desa dari 11 Desa di wilayah Kecamatan , meliputi Desa Banyubang, Grabagan, Ngarum dan Gesikan.

Dokter Hewan Kecamatan Rengel – Grabagan, Itsna Syahra Sauqiyah menyebutkan, bahwa Kecamatan Grabagan telah menerima alokasi vaksin PMK dari Pemerintah Kabupaten Tuban sebanyak 600 dosis merk Aftopor.

“Dari target 600 dosis vaksin PMK, sebanyak 584 sudah disuntikan,” kata Itsna panggilan karib Itsna Syahra Sauqiyah kepada Ronggo.id, Selasa (5/7/2022).

Itsna menjelaskan, jika vaksinasi diprioritaskan di Daerah atau Desa yang paling sedikit sebaran kasus PMK. Sama halnya dengan vaksinasi Covid-19, vaksin PMK juga diperuntukan untuk sapi yang benar-benar sehat.

“Kita fokuskan di Daerah zero kasus maupun yang paling minim kasus PMK. Untuk sapi yang sakit tidak masuk kriteria mendapatkan vaksin,” jelasnya.

Masih kata Itsna, vaksinasi ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan kekebalan pada hewan ternak. Kemudian guna mengendalikan penularan wabah penyakit PMK yang diketahui telah merambah seluruh Kecamatan di Kabupaten Tuban.

“Semoga kegiatan vaksinasi ini bisa menekan laju penyebaran PMK.” pungkasnya.

Disamping melibatkan langsung Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan / Perikanan (DKPPP) Kabupaten Tuban, Kegiatan vaksin selama seminggu itu juga diikuti unsur Forkopimka, Kepala Desa serta Tokoh Masyarakat.  

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS