Nelayan Rajungan di Tuban Ditemukan Tewas Usai Hilang Sejak 4 Hari Yang Lalu

Nelayan Rajungan di Tuban Ditemukan Tewas Usai Hilang Sejak 4 Hari Yang Lalu

TUBAN, (Ronggo.id) – Nelayan Rajungan atas nama Hendin Debi Setiawan (40) warga Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa usai dikabarkan hilang sejak melaut beberapa waktu lalu.

Keberadaan jasad korban tak sengaja ditemukan oleh seorang nelayan asal Desa Socorejo, Kecamatan Jenu yang saat itu sedang mencari ikan di jarak 11 kilometer dari pesisir Desa Mentoso, Minggu (24/7/2022) sekitar pukul 07.30 Wib.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menyampaikan, saksi yang melihat korban mengapung dilautan lantas menginformasikan hal tersebut kepada pihak terkait.

Bacaan Lainnya

“Selanjutnya, Tim SAR menuju ke lokasi untuk mengevakuasi jasad korban menuju daratan, tepatnya di Pantai Semilir lalu dibawa ke RSUD Dr. Koesma untuk dilakukan tindakan medis,” kata Sudarmaji.

Sudarmaji menjelaskan, semenjak dilaporkan hilang, selama 3 hari Tim SAR gabungan terus melakukan operasi pencarian terhadap korban dan menyisir beberapa titik perairan di wilayah pantai utara Tuban hingga perbatasan Jawa Timur – Jawa Tengah, Kendati begitu upaya tersebut belum membuahkan hasil.

“Karena jasad korban hari ini telah ditemukan, maka Operasi Pencarian MOB di Tutup sesuai dengan hasil evaluasi dari Tim SAR Gabungan dilapangan,” jelasnya.

Dikabarkan sebelumnya, Hendin Debi Setiawan dan rekanya Rukadi (49) diketahui berangkat mencari Rajungan menggunakan perahu tradisional pada Kamis (21/7/2022) sekitar pukul 03.00 Wib. Namun tak kunjung pulang hingga malam hari.

Menurut keterangan Sutono saksi sekaligus sepupu korban mengaku, sempat melihat keberadaan korban dan rekanya dari 11 Kilometer sebelah barat Offshore Gagak Rimang. Saat itu keduanya sedang mengangkat Bubu atau alat tangkap rajungan.

Lantaran tak juga menepi, maka tetangga korban bernama Jupri melapor kepada BPBD Kabupaten Tuban untuk membantu melakukan pencarian terhadap keberadaan keduanya.

Selang sehari, dikabarkan hilang, Rukadi berhasil ditemukan dalam kondisi selamat oleh seorang nelayan warga Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo di sebelah utaranya PLTU Tanjung Awar-Awar Kecamatan Jenu. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS