TUBAN, () – Dua nelayan perahu tradisional asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dilaporkan hilang saat mencari rajungan di wilayah perairan setempat sejak Rabu (20/7/2022) kemarin.

Masing-masing diketahui bernama Hendin Debi Setiawan (40) warga Kradenan yang tak lain pemilik perahu dan juga satu anak buah kapal (ABK) yaitu Rukadi (49) warga Tasikmadu.

Penuturan Sutono, saksi sekaligus sepupu korban pemilik perahu, dirinya sempat melihat kedua korban berada di jarak 10 Kilometer disebelah baratnya Offshore Gagak Rimang. Saat itu keduanya sedang mengangkat bubu atau alat tangkap rajungan.

“Keduanya berangkat melaut sekitar pukul 03.00 Wib. Tapi biasanya siang hari sudah pulang ke rumah, tapi kali ini ditunggu hingga malam belum juga balik,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Sudarmaji menyampaikan, setelah menerima laporan dari tetangga korban yang bernama Jupri, pihaknya langsung melakukan assesment untuk mendapatkan data yang lebih valid.

Diantaranya, menggali informasi dari pihak keluarga, tetangga korban maupun berkoordinasi dengan Forkopimca serta loading peralatan yang dipersiapkan untuk operasi pencarian.

“Ada sekitar 10 perahu yang ikut melakukan pencarian, Alhamdulillah satu korban atas nama Rukadi sudah ditemukan di utaranya PLTU Tanjung Awar-awar Jenu,” kata Sudarmaji, Kamis (21/7/2022).

Usai ditemukan, Rukadi segera dirujuk ke Puskesmas Tambakboyo untuk dilakukan pemeriksaan medis. Sedangkan satu korban lainya masih dalam proses pencarian.

“Sesuai hasil komunikasi dengan keluarga korban, Polairud, Polsek Tambakboyo beserta perwakilan HNSI, bahwa operasi pencarian akan terus digelar,” tutupnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS