TUBAN – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban, Asep Nur Hidayatulloh, melakukan kunjungan ke PT Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG). Hal ini dilakukan pasca aksi demo buruh yang dilakukan oleh karyawan perusahaan tersebut yang hingga mengakibatkan kemacetan jalur Nasional Pantura pada 10 Januari lalu.

Anggota Komisi II, Asep Nur Hidayatulloh mengatakan, kunjungannya kali ini dilakukan selain untuk melihat suasana perusahaan, juga meminta agar PT IKSG menjalin komunikasi dengan karyawan atau serikat pekerja. Tujuannya ialah, untuk meminimalisir terjadinya permasalahan yang timbul dilingkungan perusahaan.

“Melalui komunikasi yang intens dapat menciptakan suasana yang kondusif dan segala permasalah dapat diselesaikan melalui diskusi antara karyawan dan perusahaan,” ujar Asep. Senin, (31/1/2022).

Ia menjelaskan bahwa, akhir-akhir ini di Tuban sering terjadi demo yang dilakukan oleh buruh dan masyarakat yang tuntutannya ialah pekerjaan. Setelah aksi demo karyawan anak usaha PT Semen Indonesia (SIG), yakni PT IKSG, dilanjut PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP) Kilang Tuban dan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) yang dilakukan oleh warga ring perusahaan.

“Selain perusahaan, kita juga mendorong Pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja untuk mengembangkan keahlian warga sekitar sesuai yang dibutuhkan,” tegasnya

Politisi PKB ini juga berharap agar perusahaan dan Pemkab Tuban bersinegri untuk menyiapkan pelatihan-pelatihan khusus agar warga sekitar ring perusahaan memiliki kompetensi sesuai yang dibutuhkan. Khususnya pekerjaan di Kilang Tuban yang akan beroperasi beberapa tahun kedepan.

“Kami berharap pemerintah menyiapkan tenaga kerja yang memiliki keahlian sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan, khususnya PT Pertamina Rosneft, sehingga warga lokal tidak hanya menjadi penonton,” pungkasnya.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS