, () – Pemilihan umum 2024 tinggal menunggu hari, Masyarakat dan Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tuban mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban untuk memaksimalkan keterlibatan pemilih pemula untuk menggunakan haknya.

Dorongan tersebut disampaikan langsung oleh jajaran pengurus Mappilu saat bersilaturahim dengan ketua KPU di ruang kerjanya, pada Rabu (1/11/2023).

Sekretaris Mappilu PWI Tuban, Nur Aminin berkata, kehadiran pihaknya di KPU selain bersilaturahim juga untuk mendorong para pemilih penula atau biasa disebut pemilih milenial ini, bisa ikut serta mensukseskan jalannya Pemilu 2024 nanti. Beliau menambahkan pemilih pemula ini harus digarap betul mengingat banyak anak muda yang belum melek tentang dunia perpolitikan.

“Dengan adanya Mappilu PWI Kabupaten Tuban ini tentu diharapkan memberikan warna baru dalam proses terselenggaranya proses demokrasi,” jelas Nur Aminin.

Mappilu PWI berharap kesemua lembaga yang terlibat dengan pelaksaan pemilu bisa melaksanakan tugas dan fungsinya. Sehingga, kegiatan pemilihan umum tahun 2024 nanti dapat terlaksana sesuai dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Selain itu, bisa menjadikan proses demokrasi yang lebih tentram dan lebih kondusif.

Menanggapi Hal tersebut, Ketua , Fathul Ikhsan mengungkapkan, KPU Tuban telah melakukan upaya sosialisasi kepada pemilih pemula khususnya dilingkungan sekolah, kampus hingga pondok pesantren. Selain itu, beliau juga menjelaskan KPU juga sering diundang oleh beberapa sekolah di Kabupaten Tuban untuk memberikan materi pada saat pemilihan OSIS.

“Selama ini kami sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula,” terangnya.

Dalam acara tersebut, ketua KPU Kabupaten Tuban menyambut baik kunjungan tersebut. Menurutnya tahapan pemilu ini tidak terlepas dari peran media. Karena menurut beliau, peran media sangat penting dalam hal sosialisasi.

“Oleh karena itu kami berharap semoga kedepannya Mappilu PWI dan KPU Tuban saling melengkapi,” tambahnya.

Sebatas diketahui, jajaran yang hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Ketua PWI Kabupaten Tuban, Suwandi sebagai penanggung jawab dan didampingi Sekretaris Mappilu PWI Tuban, Nur Aminin beserta pengurus pemantau lainnya. (HP/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS