Iklan Idul Fitri Polres Tuban

, (Ronggo.id) – Banyak anggota yang gagal terpilih lagi dalam Pileg 2024 bolos Rapat Paripurna dengan agenda Nota Penjelasan tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2023, Selasa (26/3/2024).

Ketua DPRD Tuban, Miyadi mengungkapkan, yang hadir dalam rapat kali ini ada 26 dari total 50 anggota dewan. Sedangkan 24 lainnya mangkir, rata-rata mereka gagal kembali melenggang untuk periode 2024-2029.

“Saya memaklumi, yang pertama adalah puasa, kedua hasil pileg mempengaruhi bagi yang tidak jadi (terpilih),” ungkapnya.

Kendati begitu, kata Miyadi, rapat yang sempat molor 1 jam itu tetap digelar hingga selesai, sebab telah memenuhi quorum sesuai dengan tata tertib.

“Kalau rapat paripurna biasa 50 persen plus 1 itu bisa dilaksanakan,” katanya.

Iklan Idul Fitri Fraksi Partai Golkar Tuban

Miyadi mengaku kuatir jika minimnya tingkat kehadiran seperti ini terus berlanjut. Mengingat, ada kalanya rapat paripurna pengambilan keputusan yang mensyaratkan minimal dihadiri 2/3 dari total anggota dewan.

“Yang susah nanti paripurna pengambilan keputusan, karena harus ada 36 anggota atau 2/3 yang hadir,” ujarnya.

Disinggung soal sanksi bagi anggota dewan yang bolos rapat. Ketua DPC PKB Tuban itu menyebut, bahwa sanksi hanya dapat diterapkan apabila tidak hadir 6 kali berturut-turut.

“Ketika 6 kali berturut-turut tidak mengikuti paripurna, maka akan kena sanksi dari BP (Badan Kehormatan),” tutupnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS
Iklan Idul Fitri Semen DYNAMIX SBI