– Di Bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini, seluruh umat muslim berlomba-lomba menebar kebaikan untuk memperbanyak pahala, diantaranya berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Misal saja, yang dilakukan oleh puluhan dokter gigi dan dokter gigi spesialis di Kabupaten Tuban, demi berbagi kebahagiaan di bulan Ramadan 1443 Hijriah, mereka yang tergabung dalam organisasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Tuban menggelar acara Bakti Sosial (Baksos) yang berlangsung selama 2 hari, terhitung mulai 23 hingga 24 Maret 2022.

Baksos dengan tema “Sucikan Hati dengan Berbagi di Bulan Ramadhan” tersebut dikemas dengan cara membagikan ratusan takjil gratis kepada pengguna jalan yang kebetulan melintas di bundaran Patung Letda Soetjipto, Kelurahan Latsari, Tuban.

Selang sehari, dilanjutkan aksi sosial dalam bentuk santunan berupa uang tunai dan paket sembako bagi masyarakat rentan, yaitu santunan kepada sejumlah anak yatim, yang dilaksanakan di Masjid At-Taqwa yang berada di Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan.

“Kemarin ada 100 bungkus takjil yang dibagikan kepada para pengendara, sedangkan untuk hari ini total sebanyak 65 anak yatim yang kami berikan santunan,” tutur Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat PDGI Cabang Tuban, drg. Hariyati Pujiastutik kepada , Minggu (24/4/2022).

Bakti Sosial Ramadan 1443 H, PDGI Cabang Tuban Bagikan Takjil dan Santuni Anak Yatim
Puluhan anak yatim piatu tersenyum bahagia usai terima santunan dari PDGI Cabang Tuban di Masjid At-Taqwa, (Foto: Istimewa)

Dokter gigi sekaligus Kepala Puskesmas Kecamatan Grabagan itu menjelaskan, baksos pada momentum puasa merupakan agenda rutin disetiap tahunnya yang sudah berjalan sejak 2019, dimana dana yang terkumpul bersumber dari iuran para anggota.

Bahkan, pada Ramadan 2020 lalu, yang berlangsung ditengah Pandemi Covid-19 yang mengancam luas, ratusan paket sembako berhasil disalurkan oleh PDGI Cabang Tuban terhadap masyarakat yang tinggal di 20 kecamatan dengan melibatkan dokter gigi serta bidan di masing-masing kecamatan. Hal tersebut sebagai wujud empati, sebab kala itu tak sedikit masyarakat yang butuh uluran tangan akibat kondisi ekonomi mereka terpuruk.

“Semua giat sosial dapat berjalan sukses berkat dukungan dan kolaborasi dari segenap anggota, dan semata-mata atas dasar kepedulian terhadap sesama,” terangnya.

Hariyati berharap, kegiatan yang telah berlangsung selama 4 tahun tersebut dapat terus berjalan dan tetap istiqomah, sehingga bisa sedikit membantu serta meringankan beban masyarakat yang kurang beruntung.

“Semoga apa yang kami perbuat dinilai sebagai ibadah, begitu pula mereka yang menerima, semoga juga merasakan kebahagiaan dan dapat tersenyum lebar menjelang hari raya,” pintanya.

Senada dengan yang disampaikan oleh Hariyati, penanggungjawab kegiatan, yakni drg. Muhammad Naf’an dan drg. Dwi Sulistyowati turut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam baksos Ramadan tahun ini.

Menurutnya, karena kekompakan dan kesolidan Tim, sehingga baksos tersebut berhasil terlaksana tanpa suatu halangan yang berarti. Bahkan meskipun harus menempuh puluhan kilometer supaya sampai ke Kecamatan Singgahan.

“Tentu menjadi sebuah kepuasan tersendiri bagi kami, bisa bekerjasama dengan orang-orang hebat untuk memberi manfaat bagi saudara-saudara yang saat ini menjalankan ibadah puasa,” tutupnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS