TUBAN (Ronggo.id) merupakan saluran diskusi daring yang menyajikan berbagai isu berkaitan dengan Kabupaten Tuban. Genap satu tahun, Podcast Cethik Geni yang diprakarsai oleh pelaku media senior di Kabupaten Tuban telah menginspirasi banyak masyarakat Bumi Ronggolawe.

Pada Anniversary pertamanya ini, Podcast Cethik Geni menggelar “Urun Rembuk” yang mengusung tema ‘Industrialisasi dari Tuban untuk Indonesia’ ini menghadirkan empat panelis, diantaranya politisi, diantaranya Ketua DPRD Tuban, Miyadi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, Agung Supriyanto, tokoh intelektual dari Dosen Faperta Universitas Sunan Bonang Tuban Dr. Sariban, hingga tokoh pers senior di Kabupaten Tuban, yakni Teguh Budi Utomo.

Acara yang berlangsung cukup seru ini berlangsung di aula Trubus Subur, Jalan Pramuka, Kelurahan Sidorejo, Kabupaten Tuban. Kegiatan yang turut diikuti ratusan narasumber dari berbagai kalangan, masing-masing terdiri dari politisi, komunitas dan seniman, hingga mahasiswa sebagai kaum intelektual.

Dalam sambutannya, Ketua Podcast Cethik Geni Pipiet Wibawanto menceritakan sejarah singkat berdirinya media Podcast Cethik Geni. Ia mengaku jika Podcast tersebut bermula dari kegelisahan munculnya wabah Virus Corona, dimana setiap individu pada saat itu tidak bisa bertemu dan bertatap muka secara langsung.

“Cethik Geni ini adalah sebuah wadah atau rumah besar yang boleh dihuni oleh siapapun dan tanpa batasan gender maupun politik. Jadi siapapun boleh memasukinya,” ungkap Pipiet Wibawanto.

Pria yang akrab disapa Pito ini mengatakan, di era digitalisasi seperti saat ini, masyarakat memerlukan informasi mengenai daerah sekitar melalui sebuah saluran media sosial. Sehingga Podcast Cethik Geni memberikan diskusi interaktif dan proaktif yang menambah wawasan masyarakat melalui sebuah saluran yang informatif.

“Kita anti mainstream, bukan media konvensional. Sebab di era digitalisasi ini yang konvensional akan runtuh karena adanya medsos,” beber wartawan MNC Group ini.

Ia berharap, agar Cethik Geni bisa menjadi saluran dan wadah bagi semua kalangan, termasuk mengupas tuntas tentang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan, dan Keamanan (Ipoleksosbuhankam) yang mana hal tersebut merupakan aspek penting dalam sebuah negara.

“Termasuk seni dan budaya juga ada. Jadi silahkan bagi yang belum berkesempatan untuk berbicara di studio kami, akan kita jadwalkan,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS