– Dalam mensukseskan rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022, PWI Kabupaten Tuban menggelar dan Workshop dengan tema ‘Industrialisasi di Tuban untuk Siapa?, di Pendopo Kridho Manunggal, Tuban, Selasa (23/3/2022).

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekda Tuban, Budi Wiyana dan OPD serta Forkopimca se Kabupaten Tuban, PWI Jatim, stakeholder meliputi perusahaan, BUMN, Badan Usaha, Ormas hingga mahasiswa ini terbagi menjadi empat kategori, diantaranya ialah Tokoh Inspiratif dan Visioner, Tokoh Peduli Covid-19, Keterbukaan Informasi Publik serta Mitra Terbaik .

Senior Manager of Corporate Communication SIG Pabrik Tuban, Setiawan Prasetyo mengucapkan terima kasih kepada PWI Tuban yang telah memberikan penghargaan terkait keterbukaan informasi publik kepada . Perusahaan berkomitmen untuk transparan terkait penyampaian informasi baik kepada masyarakat maupun kepada media.

Transparansi yang dimaksud bertujuan agar masyarakat dapat memahami dengan baik keberadaan industri di wilayahnya, khususnya kontribusi perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekitarnya di Kabupaten Tuban pada khususnya.

“Perusahaan selama ini selalu terbuka kepada siapapun, terlebih kepada teman-teman wartawan yang sejauh ini hubungan kita sudah cukup baik. Dan sebagai BUMN kita siap menjalankan UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” ungkap Setiawan Prasetyo, Kamis (24/3/2022).

Ia berharap kedepan perusahaan dapat bersinergi yang lebih baik bersama insan media, terutama yang berada di Kabupaten Tuban.  Pasalnya, wartawan menjadi salah satu media atau jembatan penyambung informasi antara perusahaan dengan masyarakat.

“Media itu sangat penting sekali bagi perusahaan. Karena tidak mungkin kita menyampaikan berbagai informasi terkait perusahaan secara langsung kepada masyarakat luas, di situlah peran media,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Tuban, Suwandi mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan dan peserta yang hadir dan mensukseskan puncak acara . Ia menjelaskan, jika penghargaan ini diberikan berdasarkan fakta dan data yang telah dikaji  dan diverifikasi oleh seluruh anggota PWI Tuban.

“Penghargaan PWI Award ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada dan stakeholder yang mana untuk menggugah semangat dan motivasi kepada semua pihak. Khususnya kemitraan dengan awak media berkaitan dengan keterbukaan informasi publik,” jelas Suwandi.

Adapun penerima anugrah PWI Award ini masing-masing, Tokoh Inspiratif dan Visioner, yakni Aditya Halindra Faridzky, H. Riyadi, dan H. Miyadi, kemudian kategori Tokoh Peduli Covid-19, Bidang Kesehatan, dr. Alfian Yuniarta, Instansi Polri, Kasat Lantas , AKP Arum Inambala, dan Instansi TNI, Sersan MD Bagus Raka.

Dilanjutkan kategori Keterbukaan Informasi Publik, diantaranya PT. Semen Indonesia (Peraero) Tbk, Pabrik Tuban, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tuban, dan Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, dr Bambang Priyo Utomo. Lalu kategori Mitra Terbaik, PT Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PRPP), Exxon Mobile Cepu Limited (EMCL), Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE-TEJ), dan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI).

Wartawan Harian Bangsa ini mengatakan, penghargaan tersebut akan terus bergulir, sebab setiap tahun dalam kegiatan HPN, PWI Tuban akan kembali melaksanakan kegiatan serupa. Sehingga diharapkan agar hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi stakeholder maupun pemerintah daerah agar dapat menjalin kemitraan dengan baik untuk membangun perkembangan Kabupaten Tuban.

“Penghargaan ini akan terus bergulir, karena dalam kegiatan HPN tahun berikutnya, kami juga melakukan kajian kembali. Semoga menjadi motivasi dan inovasi terhadap stakeholder untuk terus membangun komunikasi dan keterbukaan informasi publik,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana mengucapkan selamat kepada pengurus PWI Tuban yang sudah dikukuhkan untuk masa bakti tahun 2022 sampai tahun 2025. Ia berharap semoga kepengurusan PWI Tuban bisa optimal menjalankan organisasi keprofesian untuk para wartawan di Kabupaten Tuban agar lebih baik dan lebih optimal dengan bersinergi dengan stakeholder, khususnya Pemkab Tuban.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada insan wartawan yang selama ini telah bekerjasama, bermitra, mendukung, mensukseskan kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Tuban saat ini,” tambah Budi Wiyana.

Budi Wiyana juga berkeinginan kepada seluruh stakeholder dapat memberikan saran dan masukan untuk pembangunan Kabupaten Tuban.

“Jadi kedepan pengurus PWI bisa kerjasama untuk menjangkau di berbagai aspek seperti yang tadi disampaikan saat workshop tentang industrialisasi untuk mendukung Kabupaten Tuban,” pungkasnya. (Said/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS