, () – menggelar Lomba Burung Berkicau Tingkat Nasional. Kegiatan yang berlangsung Alun-alun tersebut diikuti ribuan pecinta burung dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Tuban, Gunadi menyampaikan pesan dari yang berharap pelaksanaan kegiatan mampu membawa manfaat bagi masyarakat. Tidak hanya itu, mampu mendukung percepatan gerak roda perekonomian masyarakat. Juga meningkat antusias masyarakat terhadap pelestarian burung.

“Apalagi sudah mendapat juara, maka harga burung melejit naik sehingga berdampak pada perekonomian pembudidaya,” kata Gunadi usai menyaksikan lomba burung kicau di Alun-alun Tuban, Minggu (29/10/2023).

Gunadi mewakili Pemkab Tuban memberikan apresiasi atas semangat pecinta burung atas partisipasinya dalam perayaan Hari Jadi ke 730 Kabupaten Tuban tahun 2023. Penyelenggaraan kegiatan ini wujud sinergitas antara Pemkab Tuban, Kantor Bea Cukai , dan komunitas pecinta burung.

“Ini juga sebagai bentuk rangkaian Hari Jadi Tuban. Maka itu, kebersamaan ini harus dapat terus dijaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Burung Berkicau, Agus Rianto menyebutkan pada Festival dan Lomba Burung Berkicau ini diikuti oleh 1.200 burung yang dilombakan milik 800 orang. Mereka akan bertanding di 20 kategori dengan 60 gantangan per kategori.

“Total pecinta burung yang hadir sebanyak 2.000 peserta baik joki, pemilik, bahkan kolektor. Terjauh dari Bekasi,” ujarnya.

Agus Rianto mengatakan selain ikut merayakan Hari Jadi Tuban, kegiatan ini untuk mempererat persaudaraan antar pecinta burung. Di samping itu, juga menggelorakan semangat melestarikan burung. Harapannya menjadi kegiatan rutin yang masuk dalam rangkaian hari jadi Tuban.

Dilain sisi, salah satu peserta Lomba Burung Berkicau asal Tuban, Agus Tri Wahyudi sangat mengapresiasi Pemkab setempat yang telah memberi kesempatan kepada para pecinta burung dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut. Namun yang disayangkan pada lomba kicau burung itu diduga ada permainan pemenang kontes.

“Saya hanya menduga kalau pemenang dari lomba burung kicau ini sudah di setting dan telah ditentukan. Memang kegiatannya meriah sih, tapi agak kecewa aja karena ada kesan tidak profesional,” pungkasnya.

Sebatas diketahui, kegiatan Festival dan Lomba Burung Berkicau tingkat Nasional ini dihadiri oleh Kepala Kantor Bea Cukai Bojonegoro, Kunawi, Kepala Diskominfo-SP Tuban, Arif Handoyo, sejumlah pimpinan OPD. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS