, (Ronggo.id) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban melantik panita pengawas kecamatan (panwascam) untuk Pilkada tahun 2024, Sabtu (25/5/2024).

Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah/janji ini berlangsung di salah satu hotel di Jalan Basuki Rahmat Tuban, yang dihadiri jajaran Bawaslu, KPU, TNI, Polri, instansi terkait, serta perwakilan partai politik.

Ketua , M. Arifin menyampaikan, 60 panwascam yang baru saja dilantik ini terdiri 3 orang dari tiap kecamatan, yang telah melalui serangkaian seleksi ketat.

“Sebanyak 32 eksisting, artinya yang pernah menjadi panwascam saat pemilu kemarin. Sedangkan 28 lainnya wajah-wajah baru,” tuturnya.

Setelah pelantikan ini, kata Arifin, mereka akan mengikuti pembekalan dan bimbingan teknis (bimtek) seputar kelembagaan, regulasi hingga pengawasan.

“Karena mereka akan langsung bekerja untuk rekrutmen anggota pengawas kelurahan desa (PKD),” katanya.

Arifin menekankan agar panwascam serius mempelajari regulasi, khususnya tentang pilkada. Apalagi, kondisi kali berbeda dengan Pilkada 2020 lalu.

“Yang utama penguasaan regulasi, dan harus bekerja profesional serta wajib menjaga integritas,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tuban, Yudi Irwanto mengucapkan selamat atas dilantiknya panwascam. Menurutnya, suksesnya penyelenggaraan pilkada tergantung dari fungsi pengawasan.

“Sukses atau tidaknya pilkada nanti tidak lepas dari peran panwascam,” ujarnya.

Lebih lanjut, mantan Kalaksa BPBD Tuban itu berpesan, agar panwascam yang telah dilantik ini segera menyesuaikan diri, berkoordinasi dengan forkopimca dan juga panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Kami berharap panwascam secepatnya menguasai regulasi. Yang paling penting, bekerja profesional serta menjunjung tinggi integritas,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS