TUBAN, (Ronggo.id) – Hari jumat merupakan waktu yang istimewa bagi bagi umat umat muslim, hari jumat merupakan Sayyiidul Ayyam atau penghulu hari, karena memiliki banyak keutamaan luar biasa besar dibaliknya. Salah satunya yang paling utama adalah banyaknya keberkahan.

Keistimewaan hari jumat, terdapat ibadah rutin . Bagi umat muslim dianjurkan datang lebih awal ke masjid untuk menunaikan sholat jumat berjamaah. keutamaan datang di awal waktu shalat jumat sangat besar pahalanya, bahkan disetarakan seperti orang yang berkurban dengan unta. Kendati demikian, karena kesibukan, tak sedikit yang menunda-nunda.

Dalam Musnad Imam Ahmad Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Jika tiba hari jumat, para Malaikat berdiri di pintu-pintu masjid, lalu mereka mencatat orang yang datang lebih awal sebagai yang awal,

Perumpamaan orang yang datang paling awal untuk melaksanakan sholat jumat, seperti orang yang berkurban unta, kemudian seperti orang yang berkurban sapi, dan yang berikutnya seperti orang yang berkurban kambing,

Selanjutnya lagi, seperti orang yang berkurban ayam, kemudian yang berikutnya seperti orang yang berkurban telur. Apabila imam sudah muncul dan duduk di atas mimbar, mereka menutup buku catatan mereka dan duduk mendengarkan dzikir (khutbah)”.

“Diriwayatkan dari Aus bin Aus radliyallah ‘anhu, berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa mandi pada hari jumat, berangkat lebih awal ke masjid, berjalan kaki dan tidak berkendaraan, mendekat kepada imam dan mendengarkan khutbahnya, dan tidak berbuat lagha (sia-sia), maka dari setiap langkah yang ditempuhnya dia akan mendapatkan pahala puasa dan qiyamulail setahun.”

Dengan keistimewaan datang di awal waktu sholat jumat, sudah seharusnya sebagai muslim khususnya kaum laki-laki yang sudah wajib melaksanakan sholat jumat untuk tidak menunda-nunda datang ke masjid sebelum adzan berkumandang.

Wallahu A’lam Bishawab.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS