Fenomena Lintang Kemukus di Langit Tuban, Pertanda Apa?

Fenomena Lintang Kemukus di Langit Tuban, Pertanda Apa?

TUBAN, Ronggo.id – Warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, dihebohkan dengan kemunculan sebuah garis yang memancarkan cahaya berwarna oranye dilangit pada Sabtu (10/10/2020) malam.

Warga yang mengetahui adanya fenomena alam tersebut sontak geger. Bahkan tidak sedikit yang mengabadikan momen tersebut dan mengunggahnya hingga viral disosial media.

Warsito (39), Salah satu warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding, ia menjelaskan bahwa dirinya melihat cahaya bergaris lurus dengan panjang sekitar 1 meter dilangit sebelah utara itu usai melaksanakan sholat isya dimushola setempat, atau sekitar pukul 19.00 Wib.

Bacaan Lainnya

“Cahaya itu redup kemudian terang. Dan terus seperti itu. Karena penasaran, saya lalu beritahu tetangga, langsung pada keluar ikutan lihat,” ucap Warsito yang juga melihat bersama puluhan warga sekitar.

Sempat terjadi perdebatan antar warga saat melihat hal tersebut. Ada yang mengatakan jika itu merupakan lintang kemukus, ada juga yang menyebutkan bahwa itu benang layang-layang, bahkan ada yang menganggap sinar oranye itu adalah pantulan dari cerobong asap PLTU di Kecamatan Jenu.

“Kalau saya menganggap itu adalah lintang kemukus. Karena cahayanya itu tidak bergerak,” jelasnya.

Warga lainnya, Alim yang mengabadikan momen tersebut juga nampak takjub akan fenomena alam tersebut. Menurutnya, diusianya yang menginjak 20 tahun ini, baru pertama kali melihat ada cahaya panjang berwarna oranye dilangit.

“Baru kali ini melihat fenomena seperti ini. Sudah saya foto dan share di Facebook maupun Whatsapp,” paparnya.

Sementara itu, salah satu akun Adi Aldy dalam unggahan Facebooknya menyebutkan, fenomena alam yang terjadi tadi malam sekitar 21:00 Wib. Fenomena tersebut ialah lintang kemukus dan orang jawa dulu meyakini bahwa itu tanda “mau ada sesuatu entah apa yang akan terjadi kita tidak tau.

Semoga kita semua dijauhkan dari mara bahaya (Amin).

Diunggahan ini mendapatkan 421 like, 103 komentar, dan 25 kali dibagikan.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS

Pos terkait