TUBAN (Ronggo.id) – Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban pada waktu dekat membuka rekruitment pemantau Pemilu.

Ketua Bawaslu Tuban, Sullamul Hadi menyampaikan, pendaftaran bagi petugas pemantau Pemilu rencananya di buka pada 14 Juni 2022. Dibukanya pendaftaran sekaligus menandakan bahwa tahapan Pemilu 2024 telah dimulai.

“Kegiatan ini membuka peluang bagi masyarakat atau lembaga yang ingin berpartisipasi dalam mengawasi proses tahapan Pemilu,” paparnya, Jumat (10/6/2022).

Sementara, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, M. Arifin mengajak lembaga supaya ikut mendaftar dan berpartisipasi memantau jalannya penyelenggaraan Pemilu nanti. Baik yang sudah maupun yang belum pernah menjadi pemantau Pemilu sebelumnya.

Bahkan, Dalam hal ini ia berharap, angka partisipasi bisa lebih meningkat, sehingga penyelenggaraan pemilihan lima tahunan tersebut bisa berjalan dengan lancar, demokratis dan hasilnya pun dapat diterima semua pihak.

“Semakin banyak pemantau pemilu, maka Bawaslu Kabupaten Tuban akan semakin mudah dalam menjalankan tugas pengawasan,” pungkasnya.

Diketahui, pada hari ini, Bawaslu RI resmi membuka pendaftaran pemantau Pemilu 2024 tingkat nasional yang disertai dengan peluncuran meja layanan pemantau Pemilu. Kegiatan yang dilaksanakan secara daring tersebut juga diikuti oleh Bawaslu Tuban.

Adapun syarat menjadi pemantau Pemilu 2024 bagi lembaga, diantaranya, berbadan hukum, bersifat netral dan selanjutnya independen. bagi yang telah memenuhi syarat, akan diberikan akreditasi sebagai pemantau pemilu dan berpartisipasi melakukan pengawasan Pemilu 2024. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS