, (Ronggo.id) – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana).

Sementara ini terdapat 2 desa ring 1 SBI yang akan dikukuhkan sebagai Destana, yaitu Desa Merkawang, Kecamatan Tambakboyo dan Desa Kedungrejo, Kecamatan Kerek.

Kegiatan pembentukan dan pendampingan Destana dipusatkan di Balai Desa Merkawang yang rencananya digelar selama 3 hari, terhitung 10-12 Agustus 2023.

Dihari pertama, kegiatan tersebut dihadiri GA & Community Relations Manager , Moch.Yunani Rizzal, Kalaksa , Sudarmaji, Kepala Desa Merkawang, Ahmad Wahib Al-Haitimi dan Kepala Desa Kedungrejo, Sugiono. Turut pula melibatkan unsur masyarakat, Kamis (10/8/2023).

Pembentukan dan pengukuhan Destana dimulai dari tahap penyusunan Kajian Resiko Bencana (KRB) dan Peta Rawan Bencana dan Penyusunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB).

Kemudian Penyusunan Rencana Kontingensi, penyusunan jalur evakuasi, Penyusunan Sistem Peringatan Dini Bencana serta Penilaian Ketangguhan Desa (PKD).

GA & Community Relations Manager SBI Tuban, Moch.Yunani Rizzal mengungkapkan, latar belakang pembentukan Destana guna membangun kesiapan masyarakat untuk menghadapi bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

“Tentu kita tidak berharap bencana itu datang, namun saat terjadi bencana kita berharap semua sudah paham dan tahu apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir  bahkan menghilangkan resiko terburuk,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tuban melalui BPBD, pemerintah desa serta antusiasme masyarakat yang begitu tinggi untuk menyambut pembentukan Destana.

Menurutnya, hal ini menjadi langkah yang positif dalam rangka menghadapi segala kemungkinan jika terjadi bencana.

“Karena keselamatan warga sangat utama, sehingga pengetahuan dan pendidikan kebencanaan harus terus dilakukan agar masyarakat lebih tanggap,” tegas Rizzal.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Merkawang, Ahmad Wahib Al-Haitimi menyambut baik dan mendukung penuh pembentukan Destana yang telah digagas oleh Pemerintah Kabupaten Tuban dan SBI.

“Destana ini sebagai wujud sinergitas antara pemangku kepentingan atau stakeholder untuk kemajuan dan keselamatan bersama,” ujarnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: