– Insiden kecelakaan kerja menimpa seorang tukang cat papan reklame yang berada di Manunggal selatan, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding Tuban. Korban yang bekerja diatas ketinggian diduga terjatuh dan terbentur trotoar hingga mengakibatkan luka parah dibagian kepala dan membuat darah berceceran, Jumat (25/3/2022).

Korban diketahui bernama Didik Irawan (28) warga Desa Sugiharjo, Tuban yang dipekerjakan oleh kontraktor asal Kecamatan Semanding sebagai tenaga proyek pengecatan papan baliho milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

Menurut kesaksian Purwanto, Ketua Lingkungan Widengan, Kelurahan Gedongombo, yang berada tidak jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP), laka kerja itu berawal saat korban sedang melakukan aktifitas pengecatan bersama rekannya, namun karena rollstik cat yang digunakan menyenggol kabel yang berada di sekitar baliho pada akhirnya membuat korban terjatuh kebawah dan terbentur trotoar.

“Waktu pengecatan papan reklame, tongkat roll catnya menyangkut kabel induk yang membuat korban tersetrum lalu korban jatuh,” ungkap Purwanto.

Tanpa Dilengkapi APD, Pekerja Proyek Pengecatan Baliho Jatuh Hingga Luka Parah
Petugas dari saat memeriksa lokasi korban terjatuh dari baliho di jalan Manunggal, (Foto: Ibnul)

Proyek pengecatan papan baliho tersebut sudah berlangsung selama 3 hari, dengan 3 orang pekerja termasuk korban, satu orang lainya bertugas sebagai mandor atau pengawas proyek. Menurut Purwanto saat insiden terjadi korban tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) meskipun bekerja diatas ketinggian.

“Tadi kepala korban yang luka karena terjatuh dan waktu bekerja korban tidak memakai Body Harness maupun helm,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Semanding, AKP Carito, membenarkan kejadian yang menimpa Korban, ia menyebut peristiwa yang dialami korban terjadi sekitar pukul 09:15 Wib, dimana korban hendak melakukan pengecatan baliho sebelah atas milik Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) Kabupaten Tuban.

Naas, korban yang baru saja memanjat tangga 4 meter tiba-tiba terjatuh karena sebelumnya rollstik cat berbahan dasar alumunium yang sempat dibawanya menyentuh kabel yang menyebabkan korban tersengat listrik.

“Korban terjatuh di trotoar dibagian bawah baliho yang menyebabkan luka terbuka dibagian kepala dan kulit bagian perut terkelupas,” jelas Kapolsek Semanding.

Setelah mengetahui korban tergeletak, M. Alfa (22) warga Padasan, Kecamatan Kerek, yang merupakan teman kerja korban segera meminta bantuan warga yang berada di lokasi kejadian untuk membantu melakukan evakuasi.

“Setelah mendapat laporan, kemudian kita meluncur ke TKP dan membawa korban ke RSUD Dr. Koesma Tuban,” pungkasnya.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari lokasi kejadian diantaranya, rollstik cat, cat kaleng, kuas dan bak plastik. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS