, (Ronggo.id) – Lahan proyek Grass Root Refinery (GRR) atau Kilang Tuban yang berada di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban seluas 10 hektar terbakar, Jumat (28/6/2024).

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan , Sutaji mengatakan, pihaknya menerima kabar adanya kebakaran sekitar pukul 13.40 WIB. Kemudian, dikerahkan 3 unit fire truk dari Markas Damkar Tuban.

“Selang 15 menitan, kami sudah tiba di lokasi kebakaran,” katanya.

Selain dengan mobil damkar, petugas berupaya menjinakkan api dengan cara manual menggunakan dedaunan pohon jati.

“Sekitar pukul 15.30 WIB, api pokok berhasil ditangani. Dilanjutkan proses pembasahan hingga pukul 17.30 WIB,” jelas Sutaji.

Eks Camat Bancar itu menyebut, penyebab kebakaran lahan kosong seluas 10 hektar yang ditumbuhi semak belukar itu diduga berawal dari pembakaran sampah.

“Penyebab kebakaran diduga dari pembakaran sampah lalu ditinggal pergi, sehingga api membesar dan meluas,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, kebakaran lahan kosong milik PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Fungsi Early Work GRR Tuban ini bukan kali pertama. Pada September 2023 lalu, eks kawasan hutan jati yang juga masuk area proyek Kilang Tuban di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu pernah terbakar hebat.

Bahkan, saat itu luas lahan yang terbakar mencapai 155 hektar, sejumlah kayu jati gelondongan yang disimpan di area tersebut lenyap jadi arang, dengan taksiran kerugian mencapai miliaran rupiah. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS