– Guyuran air hujan tentunya menjadi masalah bagi pengguna jalan, selain harus berhati-hati karena jalanan licin, kendaraan pun lebih mudah kotor akibat cipratan air bercampur tanah yang terlindas.

Maka dari itu, pemilik kendaraan, khususnya roda dua harus rutin membersihkan motornya agar tetap terlihat kinclong dan juga untuk menghindari karatan pada komponen mesin.

Namun begitu, rutinitas yang padat seringkali membuat kebanyakan orang tak punya waktu untuk melakukannya sendiri, mereka lebih memilih menggunakan jasa steam. Selain menghemat waktu, motor pun akan lebih bersih.

Kondisi ini tentu menjadi berkah bagi pelaku karena adanya lonjakan pengunjung, sehingga otomatis ikut mempengaruhi pendapatan mereka.

Seperti yang dituturkan, Ali Khanafi (26) penyedia jasa cucian motor yang ada di Desa Gesikan, Kecamatan Grabagan. Sepanjang musim penghujan, jumlah pengunjung di tempatnya naik drastis hingga 2 kali lipat dibandingkan ketika musim kemarau yang hanya 10 kendaraan tiap harinya.

“Kalau musim hujan seperti ini, dalam sehari bisa sampai 20 motor yang dicuci,” ungkap Khanafi kepada disela-sela mencuci motor pengunjung, Sabtu (5/3/2022).

Biasanya pemilik motor baru membawa kendaraan ke tempatnya usai hujan mereda, bahkan terkadang mereka secara kebetulan datang bersamaan hingga membuatnya sedikit kewalahan. Sebab, untuk 1 unit kendaraan dibutuhkan waktu hingga 10 menit untuk dibersihkan.

“Ramainya pas hujan sudah berhenti. Biar antrean tidak terlalu banyak, saya minta bantuan tetangga untuk ikut mencuci,” bebernya.

Senada dengan Ali Khanafi, pemilik usaha cuci motor Agro yang berlokasi di jalan raya Glondonggede, Kecamatan Kerek, Nur Hisyam (36) mengaku jika, belakangan ini omset usahanya mengalami peningkatan signifikan seiring intensitas hujan yang tinggi.

“Pastinya jumlah pengunjung bertambah, soalnya banyak kendaraan yang kotor terkena lumpur dijalan. Apalagi jika hujannya deras, esok harinya pasti ramai,” kata Hisyam.

Ditempatnya, Hisyam mematok tarif berbeda untuk sekali cuci, antara 12 ribu sampai dengan 15 ribu, tergantung jenis motor.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS