, () – Sebagai upaya dalam mendukung ketahanan pangan dari sektor pertanian, melalui Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP2P), menyerahkan ratusan unit alat pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani melalui program dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia, (Kementan RI).

Serah terima Alsintan, berupa alat tractor dan mesin pompa air tersebut dilakukan langsung oleh , Aditya Halindra Farizky, didampingi Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Dicky Purwanto, Sekretaris Daerah Tuban, Budi Wiyana dan Kepala DKP2P, Eko Julianto, kepada para kelompok tani di Pendopo Kridho Manunggal, Jumat (31/6/2024).

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan penyerahan Alsintan kepada Poktan dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi pertanian. Selain itu, mampu meningkatkan nilai tambah petani dengan menekan biaya operasional.

Langkah tersebut diharapkan mampu menjaga dan mendongkrak hasil pertanian di tengah kondisi penurunan lahan pertanian nasional dan ancaman perubahan iklim.

“Saat ini produktivitas pertanian padi di Kabupaten Tuban masuk dalam 5 besar tertinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, capaian produktivitas pertanian menjadi kerja bersama petani, penyuluh pertanian, Kodim 0811/Tuban dan Pemkab Tuban. Kebersamaan yang terjalin erat dibarengi dengan sinkronisasi program mampu membawa yang lebih besar bagi masyarakat. Termasuk peningkatan kesejahteraan petani.

Mas Lindra mengatakan petani menjadi sosok pahlawan terhadap ketahanan pangan. Kendati demikian, keberhasilan dalam menjaga produktivitas pertanian menjadi tugas semua pihak. Ketersediaan pangan menjadi prioritas di tengah perubahan iklim yang mengancam.

“Karenanya, kolaborasi dan sinergi lintas sektoral sangat diperlukan,” sambungnya.

Bupati Tuban berharap para petani tidak pesimis terhadap pemenuhan target. Target yang ditetapkan harus dipandang sebagai motivasi dan pelecut bekerja dengan giat dan ikhlas. Pasca penyerahan alsintan, petani di Kabupaten Tuban mendapatkan target dari Kementan untuk penambahan luas tambah tanam padi hingga 3.800 hektar.

“Harapannya, di tahun 2024 ini Kabupaten Tuban menjadi lumbung pangan nasional,” tuturnya.

Adapun jenis bantuan yang diterima oleh seluruh kelompok tani Kabupaten Tuban, diantaranya ialah 40 unit traktor roda empat 40 unit, traktor roda 2 sebanyak 15 unit, pompa air 85 unit, masing-masing berukuran 3 dim 61 unit, ukuran 4 dim 18, dan 4 dim sebanyak 6 unit.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS