– Para pengendara jalur penghubung antara – Rengel, patut waspada, pasalnya terdapat pohon tua yang kondisi pangkalnya keropos hampir separuh badan akibat termakan usia dan dimakan oleh serangga. 

Tidak hanya pengendara, terdapat dua pohon tua yang berada di wilayah Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko tersebut juga membuat warga sekitar khawatir. Terlebih, saat ini di Kabupaten Tuban sendiri sering dilanda hujan deras disertai angin kencang yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan masyarakat.

Adi Candra, warga setempat mengatakan, jika kondisi pohon jenis Sengon itu kondisinya terbilang sangat menghawatirkan, karena selain tua, pangkal pohon juga keropos akibat digerogoti oleh serangga. 

“Pohon ini dalamnya sudah keropos dimakan serangga, tapi ranting dan daunnya masih lebat, sehingga khawatir kalau nanti tidak mampu menahan tiupan angin dan akhirnya roboh,” ungkap Adi Candra kepada di lokasi, Jumat (27/5/2022). 

Kekhawatiran Adi Candra bukan tanpa alasan. Pasalnya, akhir-akhir ini di Tuban sering terjadi hujan lebat dan angin kencang. 

Ia menuturkan, jika telah sering kali petugas datang untuk mengecek kondisi pohon tersebut. Bahkan beberapa waktu lalu, petugas dari dinas datang dengan membawa mesin potong kayu. Namun hingga saat ini tidak ada tindakan.

“Semoga pohon ini segera dipotong, karena sangat berbahaya bagi masyarakat yang melintas. Saya juga was-was saat hujan, karena jika nanti sampai roboh, khawatir rumah saya tertimpa dan bakalan hancur,” ujarnya. 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas PUPR dan PRKP Tuban, Agung Supriyadi menjelaskan, jika ruas jalan penghubung dari Kecamatan Plumpang, Rengel, Soko, hingga Parengan merupakan Jalur Provisi, sehingga pemeliharaan dan pemotongan pohon diarea jalur tersebut merupakan wewenang UPT Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur. 

“Terima kasih atas informasinya, untuk hal itu merupakan ranah PU Bina Marga Provisi mas, nanti kami bantu untuk menginformasikan ke pihak terkait,” pungkasnya. (Ags/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS