, () – Gempa Magnitudo berkekuatan 6,6 Skala Richter terjadi di wilayah perairan laut Kabupaten Tuban, Jawa Timur sekitar pukul 16.55 Wib, Jumat (14/4/2023). Hal ini justru menggegerkan warga luar Kota Bumi Ronggolawe ini.

Gempa yang berada sejauh 632 kilometer kedalaman laut tersebut langsung dilaporkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban dengan titik koordinat 6.27 LS, 111.93BT (70 kilometer barat laut, Tuban).

Kepala , Zem Irianto Padama membenarkan adanya gempa yang terjadi di wilayah perairan laut pantai utara Kabupaten Tuban dengan kedalaman 632 kilometer.

“Pusat gempa berada di utara laut Jawa dengan kedalaman 630 kilometer dari laut Kabupaten Tuban,” ujar Zem saat dikonfirmasi Ronggo.id melalui pesan singkat.

Ia menjelaskan, meski kekuatan gempa bisa dikatakan cukup besar, namun tidak ada pengaruh bagi ketinggian gelombang dan tidak mengakibatkan terjadinya Tsunami.

“Untuk wilayah Tuban, Rembang dan Blora tidak terasa adanya guncangan, namun gempa justru dirasakan di wilayah selatan, seperti Ponorogo dan sekitarnya,” terangnya.

Kendati begitu, pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik akibat kejadian gempa ini. Akan tetapi, pihaknya tetap meminta agar masyarakat tetap waspada apabila terjadi gempa susulan.

“Tidak ada pengaruh di ketinggian gelombang selama tidak terjadi Tsunami,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS