, () – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tuban menggelar sosialisasi dan edukasi kepada pemilih pemula untuk turut andil dalam mensukseskan .

Kegiatan yang berlangsung di kampus tersebut diberi tema ‘Peran Pemilih Pemula di Tengah Tahun Politik'. Sesuai tema, acara ini juga menghadirkan para siswa setingkat SMA se Kabupaten Tuban tersebut juga dihadiri oleh Ketua Yayasan dan Rektor Unirow serta perwakilan dari , Selasa (30/1/2024).

Ketua PWI Tuban, Suwandi menjelaskan kegiatan PWI goes to campus ini rutin digelar oleh PWI setiap tahunnya. Karena tahun ini bertepatan dengan kegiatan politik maka kegiatan goes to campus mengambil tema tentang politik.

“Kebetulan hari ini momennya momen politik sehingga kami PWI memberikan edukasi politik kepada pemilih pemula. Dan hari ini kita menggandeng Bawaslu KPU dan Polres Tuban,” kata Suwandi.

Suwandi berharap, kegiatan ini bisa mengedukasi para pemilih pemula agar bisa mengerti tugas dan perannya sebagai pemilih pemula dan tidak golput. Selain itu, lanjut Suwandi kegiatan ini siswa atau mahasiswa yang mengikuti bisa ikut mengawasi di setiap tahapan pemilu.

“Sasarannya adalah pemilih pemula. Jadi kegiatan ini sangat penting kita memberikan edukasi agar mereka tidak golput dan siswa diminta untuk ikut pengawasan setiap tahapan di pemilu karena sudah dibekali dari penyelenggara pemilu,” ujar pria yang juga sebagai jurnalis Harian Bangsa.

Ditempat yang sama, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, SDM dan Partisipasi Masyarakat Zakiyatul Munawaroh menyampaikan dalam kegiatan ini KPU bersama teman-teman PWI Tuban melakukan kegiatan sosialisasi terkait pentingnya peran pemilih pemula pada pemilu 2024.

“Kami sosialisasikan pentingnya peran pemilih pemula untuk mensukseskan jalannya pemilu dengan memberikan hak suaranya dalam pencoblosan,” terang Zakiyatul Munawaroh.

Dia menekankan kepada para pemilih pemula untuk datang ke Tempat Pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024 nanti.

“Jangan golput, siapapun yang dipilih pastikan memilih dengan cara yang benar dan sah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Tuban M. Arifin mengatakan, menjelang pemungutan suara yang semakin dekat ini, dia mengajak kepada penyelenggara pemilu, PWI Tuban serta para pemilih pemula untuk turut menjaga demokrasi bersama-sama.

“Kami berharap kepada pemilih pemula yang hadir dalam kegiatan ini agar selalu berhati-hati dan jangan sampai termakan informasi hoax, sara maupun ujaran kebencian,” pungkasnya.

Sebatas diinformasikan, kegiatan sosialisasi dan edukasi politik kepada pemilih pemula ini merupakan serangkaian acara Hari Pers Nasional 2024 PWI Tuban. Pada agenda tersebut juga turut dilakukan deklarasi pemilu damai dan tolak golput yang ditandai dengan penandatangan bersama. (Said/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS