Sebagai hamba yang percaya bahwa Allah itu adalah satu-satunya dzat yang bisa mengabulkan segala doa. Kendati begitu, terdapat doa-doa yang dipanjatkan oleh umatnya bisa cepat terkabul. Seperti yang disampaikan oleh KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau yang akrab disapa ini.

Gus Baha memberikan tips dan trik dalam memanjatkan doa, supaya doa yang dibacakan segera diterima oleh sang pencipta. Selain harus beriman, seseorang juga harus bersikap menghamba saat berdoa.

Murid atau ini juga menjelaskan bahwa dalam berdoa, terdapat kalimah yang tidak direkomendasikan atau tidak boleh diucapkan. Ialah menggurui Allah SWT.

Sebagai hamba, Rais Syuriah ini menuturkan jika seseorang harus menunjukkan sikap tawahdu' dan rendah diri dihadapan Allah, karena manusia tidak bisa berbuat apa-apa tanpa batuannya.

“Doa menggurui Allah itu nggak boleh. Kalau kita berdoa itu harus menghamba,” jelas Gus Baha.

Maksud dari menghamba, lanjut Gus Baha, artinya kalua Allah meminta dengan khusyu' dan Ikhlas. Seperti halnya jika permintaannya tidak dikabulkan ya tidak apa-apa karena semuanya itu kehendak Allah. Sebab, manusia hanya meminta.

“Sehebat apapun kamu, sebagai manusia kamu hanya meminta dan Allah yang berkehendak,” kata Ulama kelahiran Rembang.

Apabila ada kehambaan dalam menjalankan doa, maka akan ada nilai luar biasa dalam doa yang manusia panjatkan kepada Allah SWT.

“Dengan menghamba, akan ada nilai plus dari setiap doa-doa kita. Dikabulkan atau tidak, itu kehendaknya,” ujar Gus Baha.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS