Iklan Idul Fitri Polres Tuban

, (Ronggo.id) – bersinergi dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Koalisi Perempuan Ronggolawe (KPR) dengan membuka layanan bantuan hukum gratis bagi warga binaan.

Demi menunjang program ini, Lapas IIB Tuban menyediakan ruangan konsultasi, yang diresmikan oleh Kalapas IIB Tuban, Edi Kuhen bersama Direktur LBH KPR, Nunuk Fauziyah, Kamis (29/2/2024).

Bantuan hukum secara cuma-cuma ini sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) antara Lapas IIB Tuban dan LBH KPR yang telah ditandatangani pada awal Desember 2023 lalu.

Direktur LBH KP Ronggolawe, Nunuk Fauziyah mengatakan, layanan bantuan hukum tanpa biaya ini merupakan realisasi program dari Kementerian Hukum dan Ham sesuai mandat Undang-undang Nomor 16 tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

“Sasarannya warga binaan asal Kabupaten Tuban, utamanya kategori kurang mampu,” sambung Nunuk.

Iklan Idul Fitri Fraksi Partai Golkar Tuban

Nunuk menjelaskan, program ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum bagi warga binaan yang mungkin selama ini kebingungan untuk mendapatkan akses informasi tentang bantuan hukum.

Adapun jenis layanan tersebut meliputi, konsultasi hukum, drafting dokumen, penyuluhan hukum, pemberdayaan masyarakat, pendampingan perkara pidana dan perdata, mulai dari putusan tingkat I, banding dan kasasi.

“Kami menyiapkan paralegal dan advokat yang betul-betul bisa memberikan kepastian hukum kepada mereka, lalu jaminan pemulihan, baik terdakwa maupun sebagai korban,” terangnya.

Sementara itu, Kalapas IIB Tuban, Edi Kuhen berharap, adanya program ini, paling tidak bisa memberikan wawasan kepada warga binaan mengenai masalah hukum yang tengah dihadapi.

“Kami berharap kehadiran LBH KPR dapat membantu warga binaan dalam menjalani proses hukum,” ucapnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS
Iklan Idul Fitri Semen DYNAMIX SBI