Iklan Idul Fitri Polres Tuban

, () – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menyelenggarakan pelatihan Mastering Leadership Communication for Effectiveness Organization yang diikuti beberapa Kepala Dinas di lingkup .

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni (19-20/9) di ini menggandeng People Development Consulting sebagai pelatih, Senin (19/9/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana menyampaikan jika , memberikan atensi terhadap optimalisasi peran komunikasi pimpinan OPD dalam mendukung capaian kinerja. Hubungan antara pimpinan OPD dengan pegawai internalnya perlu ditingkatkan guna meningkatkan kesepahaman, keselarasan atas program maupun gagasan yang disusun.

“Pola komunikasi perlu ditingkatkan sejalan dengan upaya penguatan internal,” ungkapnya.

Sekda menekankan agar materi yang dikaji pada pelatihan diangkat dari isu komunikasi yang acap kali terjadi di OPD. Penajaman materi dapat menyasar kajian tentang pola komunikasi birokrasi dengan mengadopsi teknologi informasi.

Iklan Idul Fitri Fraksi Partai Golkar Tuban

“Studi kasus dapat mengambil contoh permasalahan komunikasi yang muncul dan mengena kepada sasaran. Sehingga peserta pelatihan dapat lebih memahami dan ditemukan solusi konkrit,” terang Budi Wiyana.

Lebih lanjut, Pemkab Tuban akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program. Pasca pelatihan pimpinan OPD juga akan dilakukan penilaian atas hasil dari pelatihan. Outcome atas pelatihan ini diharapkan mampu mendukung capaian kinerja OPD, bukan semata-mata menggugurkan kewajiban.

Budi Wiyana menjelaskan hasil dari pelatihan akan disampaikan kepada Bupati Tuban sebagai bahan pertimbangan evaluasi dan penilaian kinerja.

“Hasil yang diharapkan oleh Mas Bupati salah satunya pimpinan OPD mampu mengkomunikasikan program kerjanya dan mampu menyerap permasalahan di khalayak umum,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris BKPSDM Tuban, Irma Putri Kartika, membacakan laporan Kepala BKPSDM Tuban menyebutkan pelatihan kali ini diikuti 25 Kepala Dinas di lingkup Pemkab Tuban. Pelatihan akan dilaksanakan dengan cara seminar dan studi kasus.

Irma Putri menambahkan pelatihan diadakan sebagai penguatan implementasi manajemen ASN sesuai agenda Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola. Sekaligus mengoptimalkan potensi dan kompetensi SDM di lingkungan Pemkab Tuban. Salah satunya peran penting komunikasi pimpinan OPD dalam meningkatkan capaian kinerja OPD dalam mendukung keberhasilan program Pemkab Tuban.

“Poin yang ditekankan tentang peran komunikasi di Dinas lingkup Pemkab Tuban dalam mencapai target kinerja yang ditetapkan,” pungkasnya. (Ibn/Jun)

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS
Iklan Idul Fitri Semen DYNAMIX SBI