, (Ronggo.id) – Puluhan rumah dan lahan pertanian di , Kabupaten Tuban terendam banjir, Rabu (30/11/2022) akibat meluapnya Kali Kening yang melintas di wilayah tersebut usai diguyur hujan deras.

Rumah dan lahan pertanian yang terdampak banjir berada di 6 desa, meliputi Desa Sembung sebanyak 10 rumah dan 9 hektar sawah, Desa Cengkong 10 rumah 9 hektar sawah, dan 15 rumah 24 hektar sawah di Desa Brangkal.

Kemudian, di Desa Kumpulrejo 3 hektar sawah, Margosari 2 hektar sawah serta Desa Parangbatu terdapat 30 unit rumah warga tergenang air.

“Ketinggian air antara 10 hingga 60 centimeter,” beber Kapolsek Parengan, AKP Gunadi.

Menurut AKP Gunadi, air dari Kali Kening mulai naik usai diguyur hujan deras selama hampir 3 jam, pada Selasa (29/11/2022) malam. Ditambah adanya kiriman air dari hulu, yaitu dari Kecamatan Kenduruan, Bangilan, dan Singgahan.

“Akibatnya air meluap ke jalan, perkampungan dan areal persawahan, karena tidak dapat menampung debit air serta kondisi Tinggi Muka Air (TMA) Sungai ,” kata Kapolsek.

Meski saat ini debit air dari hulu telah mulai surut, ungkap AKP Gunadi, akan tetapi Kali Kening yang merupakan Anak Sungai Bengawan Solo tersebut masih mengalami pasang.

“Kita juga masih assesment rumah warga, fasilitas umum dan persawahan. Dan juga melakukan upaya evakuasi warga,” tutupnya.

Diketahui, banjir luapan Kali Kening juga turut merendam sejumlah fasilitas umum, seperti jalan poros desa, kantor desa, Puskesmas, Sekolah dan juga tempat ibadah. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS