Pada 31 Maret 2020, sekelompok ilmuwan dari seluruh dunia dari Universitas Oxford hingga Universitas Normal Beijing – menerbitkan makalah penting dalam . Makalah ini  “Investigasi Tindakan Pengendalian Transmisi Selama 50 Hari Epidemi di Cina” dimana mengusulkan bahwa jika pemerintah Cina tidak memprakarsai lockdown kota Wuhan dan tanggap darurat nasional, maka akan ada 744.000 tambahan dikonfirmasi Covid-19 kasus di luar Wuhan. “Langkah-langkah pengendalian yang diambil di Tiongkok,” para penulis berpendapat, “berpotensi menahan sedikit bagi negara lain di seluruh dunia.”

Dalam laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Februari setelah kunjungan ke China, mereka menulis, “Dalam menghadapi virus yang sebelumnya tidak diketahui, Cina telah meluncurkan upaya untuk menahan penyakit yang paling ambisius, gesit dan agresif dalam sejarah.”

Dalam laporan ini, kami merangkum langkah-langkah yang diambil oleh berbagai tingkat oleh pemerintah Cina dan oleh organisasi sosial untuk membendung penyebaran virus dan penyakit pada saat para ilmuwan baru saja mulai mengumpulkan pengetahuan tentang mereka dan ketika mereka bekerja di tidak adanya vaksin dan pengobatan obat khusus untuk Covid-19.

Munculnya Sebuah Rencana

Pada awal Januari 2020, Komisi Kesehatan Nasional (NHC) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok (CDC) mulai membuat protokol untuk menangani diagnosis, perawatan dan pengujian laboratorium dari apa yang kemudian dianggap sebagai “pneumonia virus penyebab yang tidak diketahui”. Alat untuk perawatan diproduksi oleh NHC dan departemen kesehatan di Provinsi Hubei dan dikirim ke semua institusi medis di Kota Wuhan pada 4 Januari dan pelatihan di seluruh kota dilakukan pada hari yang sama. Pada 7 Januari, CDC China mengisolisasi strain coronavirus level pertama dan tiga hari kemudian, Institut Virologi Wuhan (Akademi Ilmu Pengetahuan China) dan yang lainnya mengembangkan alat uji.

Pada minggu kedua Januari, lebih banyak yang diketahui tentang sifat virus, dan karenanya rencana mulai terbentuk untuk menahannya. Pada 13 Januari, NHC menginstruksikan otoritas Kota Wuhan untuk memulai pemeriksaan suhu ke semua orang yang masuk pelabuhan dan stasiun dan untuk mengurangi pertemuan publik. Keesokan harinya, NHC mengadakan teleconference nasional yang memperingatkan orang diseluruh China terhadap jenis virus Covid-19 yang ganas dan untuk mempersiapkan keadaan darurat kesehatan masyarakat. Pada 17 Januari, NHC mengirim tujuh tim inspeksi ke provinsi-provinsi Cina untuk melatih para tenaga kesehatan masyarakat tentang virus itu, dan pada 19 Januari NHC mendistribusikan reagen asam nukleat untuk di uji ke banyak departemen kesehatan China. Zhong Nanshan, mantan presiden Asosiasi Medis Tiongkok yang memimpin tim tingkat tinggi ke Kota Wuhan untuk melakukan inspeksi pada 18 dan 19 Januari.

Selang beberapa hari berikutnya, NHC mulai memahami bagaimana virus ditransmisikan dan bagaimana transmisi ini dapat dihentikan. Antara 15 Januari dan 3 Maret, NHC menerbitkan tujuh edisi pedomannya. Melihat mereka menunjukkan perkembangan yang tepat dari pengetahuannya tentang virus dan rencananya untuk mitigasi, ini termasuk metode baru untuk pengobatan, termasuk penggunaan ribavirin dan kombinasi obat Cina dan allopathic. Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional Cina pada akhirnya melaporkan bahwa 90% pasien menerima obat tradisional, yang ternyata efektif pada 90% pasien.

Pada 22 Januari, menjadi jelas bahwa transportasi masuk dan keluar dari Wuhan harus dibatasi. Hari itu, Kantor Informasi Dewan Negara mendesak orang-orang untuk tidak pergi ke Wuhan, dan hari berikutnya kota itu pada dasarnya ditutup. Realitas suram dari virus itu kini menjadi jelas bagi semua orang.

Pemerintah Bertindak

Pada tanggal 25 Januari, Partai Tiongkok (CPC) membentuk Kelompok Pemimpin Utama Komite untuk Pencegahan dan Kontrol Covid-19 dengan dua pemimpin Li Keqiang dan Wang Huning yang bertanggung jawab. Presiden Cina Xi Jinping menugaskan kelompok itu untuk menggunakan pemikiran ilmiah terbaik ketika mereka akan merumuskan kebijakan mereka untuk mengendalikan virus, dan menggunakan setiap sumber daya untuk menempatkan kesehatan manusia di atas pertimbangan ekonomi. Pada 27 Januari, Wakil Perdana Menteri Dewan Negara Sun Chunlan memimpin Tim Pemandu Pusat ke Kota Wuhan untuk membentuk tanggapan agresif baru terhadap pengendalian virus. Seiring waktu, pemerintah dan Partai Komunis mengembangkan agenda untuk mengatasi virus, yang dapat diringkas dalam empat poin:

1. Untuk mencegah penyebaran virus dengan mempertahankan tidak hanya locdown pada provinsi, tetapi dengan meminimalkan lalu lintas di dalam provinsi. Ini rumit dengan adanya liburan Tahun Baru China yang sudah dimulai, keluarga akan mengunjungi satu sama lain dan mengunjungi pasar (ini adalah migrasi manusia jangka pendek terbesar, ketika hampir semua 1,4 miliar orang China berkumpul di rumah masing-masing). Semua ini harus dicegah. Pihak berwenang setempat sudah mulai menggunakan pemikiran epidemiologis paling maju untuk melacak dan mempelajari sumber infeksi dan melacak rute penularannya. Ini penting untuk menghentikan penyebaran virus.

2. Untuk mengerahkan sumber daya bagi pekerja medis, termasuk peralatan pelindung untuk pekerja, tempat tidur rumah sakit untuk pasien, dan peralatan serta obat-obatan untuk merawat pasien. Ini termasuk pembangunan pusat perawatan sementara, karena dua rumah sakit penuh (Rumah Sakit Huoshenshan dan Rumah Sakit Leishenshan). Peningkatan skrining membutuhkan lebih banyak alat tes, yang harus dikembangkan dan diproduksi.

3. Untuk memastikan bahwa selama lockdown provinsi, makanan dan bahan bakar disediakan untuk penduduk.

4. Memastikan rilis informasi kepada publik yang didasarkan pada fakta ilmiah dan bukan rumor atapun hoak. Untuk tujuan ini, tim menyelidiki setiap dan semua tindakan tidak bertanggung jawab yang diambil oleh otoritas lokal dari laporan kasus pertama hingga akhir Januari.

Keempat poin ini mendefinisikan pendekatan yang diambil oleh pemerintah Cina dan pemerintah daerah hingga Februari dan Maret. Mekanisme pencegahan dan pengendalian bersama dibentuk di bawah kepemimpinan NHC, dengan otoritas luas untuk mengoordinasikan perjuangan untuk memutus rantai infeksi. Kota Wuhan dan Provinsi Hubei tetap dikunci secara virtual selama 76 hari hingga awal April.

Pada 23 Februari, Presiden Xi Jinping berbicara dengan 170.000 kader kabupaten,  pejabat militer dan pejabat militer dari setiap bagian Cina; “Ini krisis dan juga ujian besar,” kata Xi. Semua penekanan Cina akan pada pemberantasan epidemi dan memprioritaskan orang, dan pada saat yang sama China akan memastikan bahwa agenda ekonomi jangka panjangnya tidak akan rusak.

Komite Lingkungan

Bagian penting dan yang kurang dilaporkan dari tanggapan terhadap virus adalah dalam aksi publik yang mendefinisikan masyarakat Tiongkok. Pada 1950-an, organisasi sipil perkotaan atau juweihui berkembang sebagai cara bagi warga di lingkungan untuk mengorganisir keselamatan bersama dan saling membantu. Di Wuhan, ketika lockdown berkembang, anggota komite lingkungan yang pergi dari pintu ke pintu untuk memeriksa suhu badan, untuk mengirimkan makanan (terutama untuk orang tua) dan untuk memberikan pasokan medis. Di bagian lain Cina, komite lingkungan mendirikan pos pemeriksaan suhu badan di pintu masuk lingkungan untuk memantau orang-orang yang masuk dan keluar; ini adalah standar kesehatan dasar masyarakat dengan cara yang terdesentralisasi. Pada 9 Maret, 53 orang yang bekerja di komite-komite ini kehilangan nyawa , 49 di antaranya adalah anggota Partai Komunis.

90 juta anggota Partai Komunis dan organisasi partai 4,6 juta akar rumput membantu membentuk aksi publik di seluruh negeri di garis depan. Tercatat 650.000 komunitas perkotaan dan pedesaan Cina. Pekerja medis yang merupakan anggota partai melakukan perjalanan ke Wuhan untuk menjadi bagian dari respon tenaga medis garis depan. Anggota partai lain bekerja di komite lingkungan mereka atau mengembangkan platform baru untuk menanggapi virus.

Desentralisasi mendefinisikan bagaimana respon kreatif. Di Tianxinqiao, Kota Tiaoma, Distrik Yuhua, Changsha, Provinsi Hunan, Yang Zhiqiang, menginformasikan ke desa – menggunakan “suara nyaring” dari 26 pengeras suara untuk mendesak penduduk desa agar tidak saling berkunjung Tahun Baru satu sama lain dan tidak makan malam bersama. Di Nanning, Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, polisi menggunakan drone untuk memainkan suara terompet sebagai pengingat untuk tidak melanggar perintah penguncian.

Di Chengdu, Provinsi Sichuan, 440.000 warga membentuk tim untuk melakukan berbagai tindakan publik untuk membendung penularan virus, mereka mempublikasikan peraturan kesehatan, mereka memeriksa suhu badan, mereka mengirim makanan dan obat-obatan, dan mereka menemukan cara untuk menghibur yang sebaliknya. publik trauma. Kader Partai Komunis memimpin di sini, menyatukan , kelompok sosial dan sukarelawan ke dalam struktur manajemen diri lokal. Di Beijing, penduduk mengembangkan aplikasi yang mengirimkan peringatan kepada pengguna terdaftar tentang virus dan membuat database yang dapat digunakan untuk membantu melacak pergerakan virus di kota.

Intervensi Medis

Li Lanjuan adalah salah satu dokter medis awal yang memasuki Wuhan; dia ingat bahwa ketika dia sampai di sana, tes medis “sulit didapat” dan situasi dengan persediaan ”sangat buruk”. Dalam beberapa hari, katanya, lebih dari 40.000 pekerja medis tiba di kota, dan pasien dengan gejala ringan dirawat di pusat perawatan sementara, sementara mereka yang terkena dampak serius dibawa ke rumah sakit. Peralatan pelindung, tes, ventilator, dan persediaan lainnya masuk. “Tingkat kematian sangat berkurang,” kata Li Lanjuan. “Hanya dalam dua bulan, situasi epidemi di Wuhan pada dasarnya terkendali.”

Dari seluruh China datang 1.800 tim epidemiologi dengan lima orang di setiap tim untuk melakukan survei populasi. Wang Bo, seorang pemimpin salah satu tim dari Provinsi Jilin, mengatakan bahwa timnya melakukan survei epidemiologis dari rumah ke rumah yang “banyak menuntut dan berbahaya”. Yao Laishun, anggota dari salah satu tim Jilin, mengatakan bahwa dalam beberapa minggu tim mereka telah melakukan survei epidemiologi terhadap 374 orang dan melacak dan memantau 1.383 kontak dekat; ini adalah pekerjaan penting dalam menemukan siapa yang terinfeksi dan diobati serta siapa yang perlu diisolasi, jika mereka belum menunjukkan gejala atau jika mereka dinyatakan negatif. Hingga 9 Februari, otoritas kesehatan memeriksa 4,2 juta rumah tangga (10,59 juta orang) di Wuhan; itu berarti bahwa mereka memeriksa 99% populasi, sebuah latihan raksasa.

Kecepatan produksi peralatan medis, terutama peralatan pelindung bagi para pekerja medis, sangat menakjubkan. Pada 28 Januari, China memproduksi kurang dari 10.000 set alat pelindung diri (APD) dalam sehari, dan pada 24 Februari, kapasitas produksinya melebihi 200.000 per hari. Pada 1 Februari, pemerintah memproduksi 773.000 alat tes per hari; pada 25 Februari, itu memproduksi 1,7 juta kit per hari; pada 31 Maret, 4,26 juta test kit diproduksi per hari. Arahan dari pihak berwenang memindahkan pabrik-pabrik industri untuk mengeluarkan peralatan pelindung, ambulans, ventilator, monitor elektrokardiograf, mesin terapi pernafasan pernafasan, analisa gas darah, mesin desinfektan udara dan mesin hemodialisis. Pemerintah memusatkan perhatian untuk memastikan tidak ada kekurangan peralatan medis.

Chen Wei, salah satu ahli virologi terkemuka China yang pernah menangani epidemi SARS 2003 dan pergi ke Sierra Leone pada 2015 untuk mengembangkan vaksin Ebola pertama di dunia, pergi ke Wuhan bersama timnya. Mereka mendirikan laboratorium pengujian portabel pada 30 Januari; pada 16 Maret, timnya memproduksi vaksin pertama yang masuk ke uji klinis, dengan Chen menjadi salah satu yang pertama divaksinasi sebagai bagian dari uji coba.

Bantuan

Menutup provinsi dengan 60 juta penduduk selama lebih dari dua bulan dan menutup secara substansial negara dengan 1,4 miliar penduduk bukanlah hal mudah. Dampak sosial dan ekonomi selalu akan sangat besar. Tetapi, pemerintah Cina dalam arahan awal mengatakan bahwa pukulan ekonomi ke negara itu tidak akan menentukan respon; kesejahteraan rakyat harus dominan dalam perumusan kebijakan apa pun.

Pada 22 Januari, sebelum Leading Group dibentuk, pemerintah mengeluarkan surat edaran yang mengatakan perawatan medis untuk pasien Covid-19 dijamin dan itu akan gratis. Kebijakan penggantian asuransi kesehatan kemudian dirumuskan, yang mengatakan bahwa biaya dari obat-obatan dan layanan medis yang diperlukan untuk merawat Covid-19 akan sepenuhnya ditanggung oleh dana asuransi; tidak ada pasien yang harus membayar uang.

Selama lockdown, pemerintah menciptakan mekanisme untuk memastikan pasokan makanan dan bahan bakar yang stabil dengan harga normal. Perusahaan milik negara seperti China Oil and Foodstuffs Corporation, China Grain Reserves Group dan China National Salt Industry Group meningkatkan pasokan beras, tepung, minyak, daging, dan garam mereka. Federasi Pasokan dan Pemasaran Federasi China membantu perusahaan untuk mendapatkan koneksi langsung dengan petani; organisasi lain seperti Kamar Dagang Industri China berjanji untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga. Kementerian Keamanan Publik bertemu pada 3 Februari untuk menindak penggelapan dan penimbunan harga; Hingga 8 April, organisasi kejaksaan di Tiongkok menyelidiki 3.158 kasus pelanggaran pidana terkait epidemi. Negara menawarkan bantuan keuangan untuk usaha kecil dan menengah; sebagai gantinya, bisnis mengubah praktik mereka untuk memastikan lingkungan kerja yang aman ( Perusahaan Kabel Guangzhou Lingnan, misalnya, menguji suhu pekerja, mendisinfeksi area kerja secara berkala, memastikan bahwa ventilator bekerja dan menyediakan staf dengan peralatan pelindung seperti masker, kacamata, lotion tangan dan sanitiser berbasis alkohol).

Lockdown

Sebuah studi di The Lancet oleh empat ahli epidemiologi dari Hong Kong menunjukkan bahwa penutupan Wuhan pada akhir Januari mencegah penyebaran infeksi di luar Provinsi Hubei; kota-kota besar di Beijing, Shanghai, Shenzhen dan Wenzhou, mereka menulis, mengalami penurunan jumlah infeksi dalam waktu dua minggu setelah penutupan sebagian.Namun, para sarjana menulis, sebagai konsekuensi dari virulensi Covid-19 dan tidak adanya kekebalan kawanan, virus mungkin memiliki gelombang kedua. Ini adalah sesuatu yang mengkhawatirkan pemerintah China, yang terus waspada dengan virus baru ini.

Meskipun demikian, lampu-lampu perayaan melintas di Wuhan saat lockdwn dibuka. Tenaga medis dan sukarelawan menghela nafas lega. Cina telah dapat menggunakan sumber dayanya yang besar, budaya dan institusi sosialisnya untuk dengan cepat memutus rantai itu.

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: