, () – Sebanyak 7 SD dan 1 SMP di Kabupaten Tuban meraih Penghargaan Adiwiyata 2024 dari Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung pada Selasa (13/9) lalu di Gedung Wisata Surabaya dan diikuti oleh berbagai sekolah di Jawa Timur.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban, Bambang Irawan mengaku bangga dan berterima kasih atas penghargaan yang diterima oleh sejumlah sekolah di Bumi Ronggolawe tersebut.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa sekolah-sekolah di Tuban berperan aktif dalam menciptakan lingkungan yang asri dan berkelanjutan,” ungkap Bambang Irawan dalam keterangan tertulis yang diterima media ini, Jumat (13/9/2024).

Menurutnya, keberhasilan delapan sekolah ini diharapkan menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk berpartisipasi aktif dalam program pelestarian lingkungan di tingkat sekolah.

 “Kami berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi tidak hanya bagi sekolah-sekolah peraih penghargaan, tetapi juga bagi seluruh warga Kabupaten Tuban untuk terus menjaga lingkungan yang lebih baik,” tambahnya.

Atas pencapaian yang ditorehkan tersebut, lanjut Bambang Irawan, diharapkan dapat memotivasi sekolah lain dan Masyarakat agar terus berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Dengan pencapaian ini, kami berharap peran aktif Masyarakat dalam menjaga kelestarian alam, baik di sekolah maupun di lingkungan sekitar,” tandasnya.

Adapun sejumlah sekolah yang menerima penghargaan tersebut, masing-masing SDN Beji 1 dan Socorejo Kecamatan Jenu, SDN Penambangan 1 dan SDN Prunggahan 1 Kecamatan Semanding, SDN Plumpang 3 Kecamatan Plumpang, SDN Sambonggede 1 Kecamatan Merakurak, dan SDN Prambontergayang 1 Kecamatan Soko serta SMPN 2 Semanding Kecamatan Semanding.

Semua sekolah tersebut telah memenuhi kriteria program Adiwiyata, mulai dari pengelolaan sampah, ruang hijau, hingga keterlibatan siswa dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: