, () – Dalam rangka memperingati hari Konservasi Alam Nasional, (Persero) Tbk (SIG) membagikan 1.000 bibit pohon kepada masyarakat kabupaten Tuban. Pembagian bibit pohon tersebut merupakan sebuah bentuk komitmen PT SIG untuk menjaga kelestarian alam.

Acara bagi-bagi bibit pohon tersebut dilakukan PT SIG di acara Car Free Day (CFD) area GOR Rangga Jaya Anoraga dengan menggandeng beberapa pihak, yakni Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban, Universitas Ronggolawe (Unirow) Tuban, United Tractors Semen Gresik (UTSG) dan Yayasan Mangrove Center Tuban.

“Kegiatan ini kami lakukan dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional, sekaligus juga sebagai upaya perusahaan untuk memenuhi program penghijauan. Selain itu, juga sebagai upaya kami untuk meningkatkan keanekaragaman hayati tidak hanya di area perusahaan saja. Namun, juga dilingkungan luar perusahaan,” terang General Manager of Mining and Raw Material SIG Pabrik Tuban, Suhariyanto.

Suhariyanto menambahkan, pihaknya membagikan 1.000 bibit dimana bibit pohon tersebut meliputi pohon jeruk, pucuk merah dan pucuk putih yang diambil langsung dari Griyo Winih. Dimana, Griyo Winih tersebut merupakan sebuah tempat pembibitan milik PT SIG.

“Jadi kami memiliki tempat pembibitan yang bernama Griyo Winih. Memang utamanya bibit dari Griyo Winih ini kami peruntukan untuk reklamasi pasca tambang. Namun, tidak menutup kemungkinan juga kami manfaatkan untuk mensupport kegiatan konservasi alam dilingkungan sekitar,” ujarnya.

General Manager Mining and Raw Material PT SIG tersebut berharap kepada masyarakat yang menerima bibit tersebut dapat merawat dan menanamnya dengan baik. Sehingga, langkah-langkah kecil dari masyarakat tersebut dapat berdampak positif terhadap pelestarian lingkungan dan mengurangi resiko bencana alam yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan.

“Mari kita bersama-sama menjaga kelestarian alam ini. Menjaga alam tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah maupun perusahaan saja. Namun, menjaga kelestarian alam menjadi tanggungjawab kita semua,” tandas Suhariyanto.

Kegiatan bagi-bagi bibit pohon yang dilakukan oleh PT SIG tersebut mendapatkan respon yang positif dari masyarakat kabupaten Tuban. Salah satunya, Amanda, warga asal Kecamatan Semanding tersebut mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang positif guna menjaga kelestarian lingkungan.

“Bagus ya ada kegiatan seperti ini, dapat menjaga kelestarian alam. Semoga kedepan semakin banyak perusahaan atau lembaga yang ada di Kabupaten Tuban membagikan bibit tanaman kepada masyarakat,” pungkasnya. (Ibn/Jun)

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: