, (Ronggo.id) – Progres Proyek Pembangunan Gedung Instalasi Perawatan Intensif Terpadu (IPIT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Koesma Tuban yang ditargetkan selesai dalam kurun waktu 180 hari, saat ini baru mencapai 0,4 persen.

Molornya pengerjaan proyek gedung 5 lantai itu diungkap oleh rekanan saat rapat koordinasi dengan Komisi I DPRD Tuban serta Jajaran Direksi RSUD dr R Koesma Tuban, bertempat di ruang rapat Komisi I, Senin (5/8/2024).

Menurut Ketua Komisi I DPRD Tuban, Fahmi Fikroni, meskipun progres pembangunan baru mencapai 0,4 persen, namun kata Roni, hal tersebut sudah ideal dengan kondisi saat ini.

“Kita sudah mendengar pernyataan dari kontraktor. Pengerjaan molor karena tanah yang berbatu, sehingga mereka kesulitan. Disamping itu, juga perkara lahan yang sempat menemui kebuntuan,” tuturnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyatakan, dalam waktu dekat akan melakukan sidak untuk memonitor progres pengerjaan.

“Kita kawal bersama, agar apa yang telah direncanakan bisa berjalan dengan baik dan sesuai target,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Tuban, Mukaffi Makki menyampaikan, pembangunan Gedung IPIT menjadi salah satu proyek strategis Pemerintah Kabupaten Tuban yang telah ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Karenanya, dibutuhkan koordinasi yang intens dengan semua pihak, sehingga dapat berjalan sesuai harapan.

“Jadi, kalau ada koordinasi, tidak akan ada rekanan yang pengerjaannya asal-asalan,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD dr R Koesma Tuban Masyhudi mengatakan, pembangunan Gedung IPIT yang bernilai Rp 54 Milyar itu telah ditenderkan sejak April lalu.

“Namun, persoalan lahan menjadi salah satu kendala yang mengakibatkan pengerjaan sempat tertunda,” sambungnya.

Masyhudi menerangkan, pembangunan Gedung IPIT merupakan proyek strategis daerah untuk mendukung pembangunan di bidang kesehatan. Oleh sebab itu, pelaksanaan dan kualitas bangunan harus dikerjakan dengan baik.

“Kami harap, pembangunan IPIT ini bisa meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Tuban,” tandasnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: