,  (Ronggo.id) – PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) Tuban menyelenggarakan peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hak Asasi Manusia (HAM), berlangsung di SDN Sawir, Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Rabu (20/12/2023).

Pada momentum ini, anak usaha Semen Indonesia (SIG) tersebut menggandeng Dinas Sosial Kabupaten Tuban dan Forum Disabilitas Tuban, yang dihadiri 360 tamu undangan, termasuk teman difabel.

Bagian dari rangkaian acara, digelar sejumlah kegiatan seperti lomba tempel kolase yang melibatkan 5 Sekolah Luar Biasa (SLB), lomba mewarnai, menggambar, serta pelatihan tata rias bagi teman difabel dan memberikan stimulan usaha rias.

General Manager , Istifaul Amin menerangkan,  peringatan HDI bertajuk “Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Sesama demi Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan” ini sebagai bentuk apresiasi perusahaan kepada teman difabel sekaligus menjadi ajang dan peluang untuk mempererat silaturahmi.

“Saya bangga dan sangat mengapresiasi warga difabel karena mereka adalah bagian dari kita dan saudara kita yang hidup berdampingan dalam komunitas warga,” terangnya.

Sementara itu, General Affairs dan Community Relations Manager SBI Tuban M Yunani Rizzal menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait yang telah bersama-sama peduli terhadap teman difabel.

“Semoga keuletan dan kegigihan mereka menularkan semangat positif dalam menjalani hidup bersama-sama dalam komunitas masyarakat,” tuturnya.

Selain lomba tata rias, Lanjut Rizal, dalam kesempatan ini juga menggelar beberapa lomba yang diikuti oleh para pelajar SD atau Madrasah Ibtidaiyah dalam rangka penyebarluasan HAM dan nilai-nilai anti kekerasan, membangun kebersamaan dalam keberagaman.

“Lomba yang diadakan yakni lomba drama, sastra Bahasa Indonesia dan Inggris serta pembacaan puisi yang diikuti oleh 16 sekolah,” imbuhnya.

Di lokasi yang sama, Atik Istiqomah (30), teman difabel asal Desa Karangasem, Kecamatan Jenu mengucapkan terima kasih atas bantuan stimulan yang baru saja diberikan oleh SBI.

“Saya terharu dan bangga atas bantuan ini yang kami membuat kami terus bersemangat agar tetap bisa produktif,” ucapnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: