, () – Empat yang dilaporkan hilang saat mencari ikan di laut utara pada Kamis (1/6) malam akhirnya ditemukan, Jumat (2/6/2023) siang.

Empat orang nelayan, masing-masing bernama Slamet Riyadi (42), Sutrisno (37) dan Fauzi (30), warga Keluhan Karangsari serta Sukani (50), warga Dusun Mawot, Desa Sugiharjo, Kecamatan/Kabupaten Tuban dinyatakan selamat.

Kepala Pelaksanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Sudarmaji mengatakan, jika salah seorang korban, Fauzi berhasil ditemukan oleh salah seorang nelayan di wilayah perairan laut Kecamatan Jenu menggunakan perahu kecil.

“Setelah ditemukan dan sampai ke darat, informasinya Fauzi langsung pulang mengendarai angkot dari Jenu ke rumahnya di Karangsari untuk mengabarkan bahwa kondisi semua korban berhasil selamat,” ungkap Kalaksa , Sudarmaji saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan dari Fauzi, lanjut Sudarmaji, bahwa ABK lain yang selamat kini berada di utara PLTU Tanjung Awar-awar, Kecamatan Jenu.

“Alhamdulillah, saat ini perahu masih memasang jangkar. Dan setelah ini, kita akan menjemput para korban,” terangnya.

Setelah mendapatkan informasi dari Fauzi, lanjut Sudarmaji, Tim dari BPBD akan menjemput Selamet Riyadi dan rekannya menggunakan perahu karet. Sementara perahu korban akan ditarik untuk dibawa ke tambat labuh di Kelurahan Karangsari, tempat dimana kapal milik Selamat Riyadi disandarkan.

“Informasi yang Kami terima, kapal milik Selamat Riyadi mengalami macet mesin, sehingga tidak bisa digunakan. Saat ini, Kami telah mengevakuasi korban Selamat bersama kapalnya untuk dibawa kembali pulang,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, bahwa istri dari Selamet Riyadi, Jinap Warni (39), warga Kelurahan Karangsari sedih dan cemas setelah tidak mendapatkan kabar dari sang suami yang mendulang rezeki di laut utara Tuban dari siang hingga malam hari. Setelah beberapa waktu dicari oleh nelayan lain, kapal beserta ABK pun tak kunjung ditemukan, hingga warga melaporkan peristiwa itu ke aparat kepolisian Kota.

Berselang beberapa waktu, tiba-tiba Fauzi pulang ke rumah dan mengabarkan bahwa para nelayan berhasil selamat. Tim BPBD yang mendapatkan informasi langsung langsung mengevakuasi para korban dan membawa pulang korban serta perahunya. (Said/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: