, () – Rumah milik Zulkifli Hasan yang berada di Kawasan Perumahan De’arcadia Village Dusun Jembel, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban mengalami kebakaran, Jumat (12/5/2023).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol-PP dan Damkar) Tuban Gunadi mengungkapkan, awal mula kejadian saat anak pemilik rumah tengah menyalakan kompor. Diduga karena tabung gas LPG bocor sehingga api dari kompor langsung menyambar.

“Kemungkinan ada kebocoran gas LPG tabung 12 kilogram yang berada di dekat rumah paling belakang. Kemudian api merembet ke bagian rumah yang lain,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Tuban itu menyampaikan, pihaknya menerima laporan adanya peristiwa kebakaran tersebut sekitar pukul 09.56 Wib.

“Kami mengerahkan 1 unit mobil Damkar ditambah 2 mobil supply dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” ujarnya.

Gunadi menambahkan, setibanya di lokasi kejadian sekitar pukul 10.10 Wib, petugas Damkar langsung melakukan upaya pemadaman api dibantu oleh petugas dari BPBD, TNI, Polri serta warga setempat.

“Kurang dari setengah jam kobaran api berhasil dijinakkan. Kemudian diakhiri dengan pembasahan guna memastikan tidak ada sisa-sisa api yang menyala,” ungkapnya.

Beruntung ketika peristiwa kebakaran terjadi, lanjut Gunadi, seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri. Hanya saja, perabot dapur dan ruang tamu terbakar dengan taksiran kerugian mencapai puluhan juta.

“Untuk korban jiwa nihil, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp40 juta,” tutupnya. (Ags/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: