, () – Sebagai upaya menjaga harga pangan tetap stabil, Pemerintah Kabupaten Tuban bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar operasi pasar murah di Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jumat (17/2/2023).

Dalam pelaksananya, kegiatan yang berlangsung di Pasar Desa itu ditinjau langsung oleh , Aditya Halindra Faridzky, Kepala Dispertan Jatim, Dydyk Rudi Prasetya, Kepala DKP-2P Tuban, Eko Arif Yulianto, Kepala Diskopumdag Tuban, Agus Wijaya, Camat dan Forkopimka Semanding.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menyampaikan, operasi pasar ini merupakan program kolaborasi antara Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk menjaga kestabilan harga pangan di Tuban.

“Agar bisa menekan dan memberikan stimulus sehingga di pasar-pasar yang lain harga pangan juga bisa ikut stabil,” ucapnya.

Lebih lanjut, Lindra menyatakan untuk menstabilkan harga pangan di beberapa wilayah yang lain, sekaligus sebagai antisipasi jelang bulan suci ramadhan, pihaknya akan melakukan inspeksi, khususnya di pasar yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tuban.

“Setelah ini kita akan mengintervensi bagaimana caranya masyarakat mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.

Lindra menyebut, dari informasi masyarakat jika harga pangan di pasaran masih terbilang tinggi, seperti halnya beras yang di jual dengan harga Rp12000. Kendati demikian pihaknya belum mengetahui tentang penyebab pastinya.

“Kog bisa kita surplus tapi harga di pasaran masih tinggi. jika nanti dirasa ada oknum-oknum yang melanggar aturan, kita akan tindak tegas,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dispertan Jatim, Dydyk Rudi Prasetya menerangkan, operasi pasar ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, menyusul adanya kenaikan harga sejumlah bahan pokok, misalnya komoditi beras.

“Pemprov Jatim bekerjasama dengan menyediakan beras berkualitas dengan harga yg lebih murah dibandingkan harga pasaran,” bebernya.

Diketahui, dalam kegiatan ini Pemprov Jatim menyediakan sebanyak 5 ton beras medium, 500 kg beras premium, 1 ton gula pasir, 1,2 ton minyak goreng kemasan, serta bahan pangan lainnya.

Adapun harga yang ditawarkan yaitu beras medium 43 ribu per 5 kg, gula pasir 13 ribu perkilo, telur ayam ras 25 ribu perkilo, daging ayam ras 27 ribu perkilo. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: