TUBAN, (Ronggo.id) (Persero) Tbk, (SIG) GhoPO kembali menggelar serah terima program CSR kepada masyarakat Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Dalam program CSR tahun 2023 ini, perusahaan milik negara atau (BUMN) ini berharap agar pemberdayaan masyarakat di desa ring satu terus digenjot.

Pada kegiatan yang diikuti oleh puluhan warga dari masing-masing Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) penerima program manfaat tersebut juga dilakukan evaluasi kinerja 6 tahun Forum Masyarakat Kokoh (FMK) dan Sosialisasi Tata Kelola CSR 2023 di Balai Desa setempat.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Mliwang, Siti Marfudhoh mengaku berterima kasih kepada PT Semen Indonesia yang terus intens dalam mengawal program CSR sebagai wujud pemberdayaan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat desa ring 1 perusahaan.

“Sudah banyak manfaat yang diterima oleh warga melalui program CSR ini, baik dari sektor pembangunan, pendidikan, pertanian dan peternakan hingga UKM. Hal ini tentu meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Siti Marfudhoh kepada usai penerimaan program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, (SIG) GhoPO Tuban di Balai Desa setempat, Selasa (7/2/2023).

Terkait dengan adanya evaluasi program CSR selama 6 tahun terakhir ini, lanjut Kades Mliwang menjelaskan, dari 2017 hingga 2022 telah banyak peningkatan yang terjadi di desanya. Diantaranya pengeboran sumber mata air dan pembangunan irigasi pertanian, sehingga menjadikan perekonomian di sektor petani meningkat.

Kemudian dari peternakan, dimana masyarakat Desa Mliwang yang mendapatkan manfaat dari program tersebut sudah bisa menikmati hasilnya. Seperti halnya warga atas nama Sariaji, yang mana pada 2018 lalu menerima program CRS berupa kambing, dan pada 2022 atau 5 tahun berjalan ini sudah beranak pinak menjadi 19 ekor dan sudah beberapa kali dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Jika enam tahun lalu, program CSR bisa digunakan untuk pembangunan fisik, namun karena saat ini sudah dialihkan untuk pemberdayaan masyarakat. Program-program itu jelas dipandang mampu membantu meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Mewakili masyarakatnya, Kades ramah ini berharap agar keharmonisan antara dengan Pemerintah Desa dan masyarakat Mliwang dapat tetap terjaga.

“Kami mewakili masyarakat Desa Mliwang mengucapkan terima kasih kepada PT Semen Indonesia. Kehadiran perusahaan ini sangat membantu warga Kami, khususnya dari segi ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Tuban Community Development Officer, SIG GhoPO Tuban, Siswanto menjelaskan, adanya sosialisasi dan evaluasi tata kelola program CSR tersebut ialah untuk mengetahui sudah sejauh mana manfaat yang diterima masyarakat dari SIG GhoPO Tuban ini.

“Hasil monitoring yang Kami lakukan di beberapa titik, program CSR ini berjalan kurang maksimal. Maka itu, dengan adanya sosialisasi tata kelola CSR ini,” terang Siswanto.

Di Desa Mliwang, lanjut Siswanto, program yang dijalankan sudah sangat bagus dan tepat sasaran. Akan tetapi, seluruh lapisan masyarakat juga harus tahu bahwa perusahaan ini ada dan kepeduliannya terhadap warga desa ring satu sangatlah besar. Untuk itu, agar program tersebut berjalan maksimal, maka akan digenjot ialah program pemberdayaan.

“Bagaimana agar perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat, ialah dengan meneruskan program pemberdayaan. Seperti halnya ternak kambing yang telah sukses dalam membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat. Mudah-mudahan selain program pembangunan irigasi dan peternakan, program pemberdayaan juga akan mensupport pelaku UMKM. Karena selain akan berdampak pada perekonomian masyarakat secara langsung juga akan membawa para pelaku usaha menjadi enterpreneur atau pengusaha,” ungkap Siswanto.

Ia berharap, adanya program tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, sehingga program prioritas dari CSR SIG GhoPO Tuban ini dapat terus tumbuh dan berkembang.

“Ayo Kita lirik pelaku UMKM Kita, karena semakin banyak OMS menjadi pengusaha kecil di Desa Mliwang, pasti juga akan berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat dan memajukan Desa Mliwang ini sendiri,” pungkasnya. (Said/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: