– Guna mendukung Industri kreatif di Bumi Ronggolawe, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban gelar event yang bertajuk Car Free Night (CFN). Sepintas kegiatan yang mirip dengan Car Free Day (CFD) tersebut dipusatkan di yang berada di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Kebonsari Tuban.

Nantinya rekaya lalu lintas bakal diterapkan diseputaran Patung Kuda Taman Sleko, kendaraan dilarang melintas selama kegiatan berlangsung, dimulai pukul 18:00 hingga 22:00 WIB.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban M. Emawan Putra mengatakan, Pagelaran CFN Perdana akan dilaksanakan nanti malam, Sabtu (19/3/2022) sekaligus peresmian Taman Sleko yang baru saja selesai direnovasi dengan anggaran 1,7 Milyar yang bersumber dari P-APBD Tuban 2021

“Tujuannya agar Taman Sleko bisa menjadi salah satu pusat kreativitas masyarakat,” kata Wawan.

Wawan menambahkan, sesuai namamnya Kegiatan tersebut dilaksanakan pada malam hari dengan tujuan sebagai ajang kreatifitas dan pameran potensi lokal, lokasi yang digunakan pun bakal disterilkan dari lalu lalang kendaraan.

“Secara garis besar sama dengan CFD yang menjadwalkan bebas kendaraan dalam waktu tertentu, sambil menyelenggarakan pameran malam dengan menampilkan produk ekonomi kreatif (ekraf) masyarakat,’’ imbuh Mantan inspektur pembantu wilayah IV Inspektorat Tuban.

Menurut Wawan, CFN merupakan salah satu konsep yang digagas langsung oleh Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzy, sebagai bentuk keseriusan Pemkab untuk mengangkat potensi yang dimiliki masyarakat Tuban.

Sesuai hasil rapat bersama lintas sektoral yang dibahas (16/3/202) lalu, dalam pagelaran CFN akan ditampilkan subsektor ekraf yang berbeda-beda tiap malamnya.

Dalam acara CFN perdana akan ditampilkan pameran batik gedog dan batik tulis Tuban. Batik tersebut merupakan subsektor fashion yang masih dalam salah satu dari 17 subsektor ekraf yang digagas Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekarf).

‘’Rencananya rutin digelar tiap malam Minggu, tapi nanti masih melihat kondisi di lapangan. Acara ini kerja sama lintas sektoral, sesuai amanat Mas Bupati yang menginginkan sinergitas semua sektor,” pungkas Wawan. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS