TUBAN, (Ronggo.id) – Pameran Alat Utama dan Sistem Kesenjataan (Alutsista) yang diselenggarakan TNI – AD di lapangan Desa Sumberarum, , Kabupaten Tuban, Minggu (18/9/2022), ternyata tak hanya mencuri perhatian warga setempat, tapi juga pelajar yang masih anak-anak.

Didampingi para orang tua serta guru, pelajar yang rata-rata masih sekolah dijenjang SD itu nampak antusias melihat persenjataan yang dipamerkan, bahkan beberapa dari mereka naik diatas kendaraan sekaligus alat tempur milik tersebut.

Adapun Alutsista yang di pamerkan meliputi, kendaraan tempur (ranpur) Anoa APC 4 Unit, Senjata SS2 V2, Pistol Listrik, Pistol Isyarat, SO Minimi , SM-2, SM-5, SPG, SSI VI, SPR-2.

Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto, S.Sos., M.I.Pol. (Danbrig 16/WY) menjelaskan, pameran Alutsista TNI-AD ini dalam rangka rangkaian latihan pemantapan Batalyon Infanteri Mekanik 516/CY.

Diharapkan, dengan kegiatan tersebut, masyarakat lebih mengenal persenjataan yang dimiliki TNI serta memberikan pandangan yang positif terhadap TNI sebagai garda terdepan mengawal keutuhan dan kedaulatan NKRI.

“TNI itu dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat sehingga akan menumbuhkan kebanggaan masyarakat terhadap TNI-AD.” papar Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0811/Tuban Letkol Inf Suhada Erwin menyampaikan selamat datang kepada kepada Letkol Inf Sigid Hengki Purwanto, S.Sos., M.I.Pol. ( Danbrig 16/WY) beserta prajuritnya yang akan melaksanakan latihan di Bumi Ronggolawe.

Senada dengan yang disampaikan Letkol Inf Sigis Hengki Purwanto, Dandim Letkol Inf Suhada Erwin menjelaskan, pameran tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kec. Kerek lebih mengenal dan lebih dekat dengan satuan TNI di wilayah, sehingga terjalin komunikasi dan kemanunggalan yang kokoh antara TNI dan Rakyat.

“Saya berharap dengan adanya pameran ini, akan menarik minat generasi muda, khususnya di Kecamatan Kerek, untuk bergabung menjadi prajurit TNI,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Tuban melalui Camat Kerek, Nanang Wahyudi meyambut baik pameran Alutsista TNI AD yang berlangsung di wilayahnya. Menurut Nanang, kegiatan tersebut menjadi ajang edukasi kepada masyarakat khususnya bagi pelajar agar lebih membuka wawasan terkait persenjataan maupun kendaraan tempur milik TNI.

“Semoga kegiatan pameran alutsista ini terus dilakukan karena selain menjadi sarana edukasi kegiatan ini juga menjadi sarana hiburan bagi warga masyarakat.” tandasnya. (Ibn/Jun).


Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS