, () – Sanggar Seni Mega Pertiwi Badan Kebudayaan Nasional (BKN) DPC PDI Perjuangan Tuban menggelar pertunjukan tari di pelataran Gor Rangga Jaya Anoraga Tuban, Sabtu (29/4/2023) sore.

Wakil Kepala Bidang Kebudayaan BKN DPC PDI-P Tuban, Ita Hariyati mengemukakan, pertunjukan kesenian tari ini dalam rangka memperingati yang jatuh pada tanggal 29 April setiap tahunnya.

“Tujuan kegiatan ini untuk uri-uri atau melestarikan budaya, khususnya tarian tradisional,” kata Ita panggilan karib Ita Hariyati.

Ita menjelaskan, dalam kesempatan tersebut ada beragam tarian tradisional yang ditampilkan, meliputi Tari Remo khas Jawa Timur, serta tari lokal Tuban, yakni Tari Ngiang dan Lencir Kuning.

“Selain diperagakan anggota sanggar tari, juga diikuti oleh masyarakat umum yang kebetulan berkunjung di area GOR,” bebernya.

Setelah pertunjukan tari, kata Ita, bakal dilanjutkan FGD bertajuk Tari adalah Ekspresi Jiwa dengan Pemateri Punjul Pitono, yang merupakan Dosen Seni Tari Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya,

“Semoga tahun depan bisa Kita selenggarakan lagi, dan tentunya lebih banyak peminat. Terutama dari kalangan anak muda,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Dapatkan Berita Terupdate RONGGO ID di: