, () – Dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional, khususnya di Kabupaten Tuban, anggota TNI dari Koramil 0811/12 Bancar melaksanakan penanaman jagung manis bersama masyarakat dan Kelompok Tani (Poktan) Desa Sukoharjo, Kecamatan Bancar.

Penanaman jagung varietas unggul jenis NK 212 di tanah milik salah seorang warga dengan luas sekitar 1 hektar, dimana tanah tersebut merupakan lahan tidur yang dimanfaatkan oleh warga dengan harapan dapat meningkatkan Hanpangan Nasional serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sistem tanam tumpang sari disela tanaman lain yang masih kecil.

Danramil 0811/12 Bancar melalui Bati Tuut, Peltu Sonhaji menjelaskan, jika kegiatan itu tidak hanya dilakukan penanaman, namun juga sosialisasi tentang SOP penanaman jagung, padi dan lainnya. Hal ini diharapkan agar hasil panen meningkat.

“Antusias masyarakat dalam mengikuti aksi tanam jagung ini tak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Pemerintah Desa Sukoharjo dan Pemerintah Kecamatan Bancar,” ungkap Peltu Sonhaji dalam keterangan tertulis yang diterima Ronggo.id, Sabtu (9/3/2024).

Ia menerangkan bahwa, hasil panen dari kegiatan aksi tanam jagung nantinya akan dilakukan operasi pasar, sehingga diharapkan agar tidak terjadi fluktuasi, sehingga harga kebutuhan pokok bisa dikendalikan.

“Dengan adanya program itu, masyarakat tidak perlu khawatir apabila saat musim panen nanti jagungnya tidak terjual. Program ini juga akan kami kembangkan ke desa-desa lain, terutama yang ada di wilayah Kecamatan Bancar,” terangnya.

Peltu Sonhaji juga menambahkan, bahwa melalui program ketahanan pangan ini akan terus dilaksanakan dan untuk dikembangkan ke Desa-desa lain.

“Dalam waktu dekat ini, rencananya kami akan menyasar ke Desa Pugoh dan Desa Sumberan, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sukoharjo, Mimin mengaku terima kasih atas terlaksananya program Hanpangan Nasional tersebut. Ia juga berharap dengan adanya program itu mampu menjaga dan menekan inflasi pangan.

“Terima kasih atas support dari semua pihak, terkhusus kepada Danramil 0811/12 Bancar yang telah memberikan bibit kepada warga secara gratis. Semoga melalui kegiatan ini, program pembinaan Koramil Bancar Hanpangan bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka,” pungkasnya. (Ibn/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS