, () – berhasil meraih (AMH) Tahun 2023 terbaik tingkat nasional dengan kategori Website Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Raihan tersebut menjadi lompatan tersendiri bagi Pemkab Tuban. Pasalnya pada 2022 lalu mendapatkan terbaik 3 pada kategori yang sama. Tah hanya itu saja, Pemkab Tuban kedua kalinya masuk dalam 6 besar Nasional pada kategori Media Sosial di ajang yang dihelat setiap tahunnya.

Dewan juri kategori Website, Yura Syahrul menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Tuban, Arif Handoyo, pada acara Malam Anugerah Media Humas 2023 di Westin Hotel Surabaya, Senin (30/10/2023) malam.

Anugrah Media Humas sendiri merupakan sebuah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi RI kepada lembaga yang dinilai sukses dalam kehumasan dan komunikasi publik.

Dalam acara tersebut terdapat 6 kategori yang dinilai yaitu Website, Media Sosial, Media Audio Visual, Siaran Pers, Penerbitan Media Internal, dan Kampanye Komunikasi Publik.

Usman Kasong selaku Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI, mengatakan perlu adanya keahlian pranata Humas untuk menyusun program dan mengaplikasikannya.

Tak hanya itu, pranata Humas dituntut meninggalkan sikap eksklusif dan ego sektoral dan juga mampu bekerja sama dengan masyarakat, komunitas, akademisi, dan media. Sinergi tersebut akan menciptakan orkestrasi dalam penyampaian program pembangunan.

“Pranata Humas harus mampu membranding diri, instansi maupun lembaganya, dengan demikian program pembangunan dapat disampaikan dan diterima dengan baik” tegasnya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Adhy Karnoyo memberikan apresiasi kepada Pemkab Tuban bersama Pemkot Surabaya, Pemkot Madiun, Pemkot Malang, dan Diskominfo Provinsi Jawa Timur atas torehan prestasi pada AMH 2023.

Harapannya dengan di adakannya acara ini mampu menjadi semangat kompetisi dan kolaborasi agar dapat meningkatkan kualitas kinerja Humas pemerintah dalam melakukan komunikasi publik sekaligus menjadi motivasi Humas di Provinsi Jawa Timur khususnya tim pengelolaan informasi publik, agar lebih kreatif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Arif Handoyo menjelaskan, pencapaian ini tak lepas dari kerja keras dari jajaran kehumasan Pemkab Tuban dan juga kolaborasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tuban. Beliau juga menyampaikan terima kasihnya kepada , Aditya Halindra Faridzky, yang sudah membimbing dan memberikan arahan kepada para tim jajaran kehumasan agar bekerja lebih maksimal lagi.

Arif Handayo menambahkan, Humas Pemerintah berperan meningkatkan citra pemerintah daerah, juga penghubung antara publik dengan pemerintahnya dalam menyampaikan informasi terkait kebijakan maupun program pembangunan.

“Pemkab Tuban menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberi masukan dan berpartisipasi dalam setiap produk komunikasi pemerintah,” jelasnya, (HP/Jun).

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS