Surah Yasin merupakan surah ke – 36 dalam Al – Qur'an. Surah Yasin mempunyai julukan sebagai jantung Al – Qur'an. Menariknya, surah Yasin termasuk surah yang populer dalam Al – Qur'an dan hampir semua mayoritas umat muslim membaca surah ini. Bahkan, menerangkan keutamaan membaca yasin di malam Jum'at.

Diketahui, surah Yasin mempunyai 83 ayat yang diturunkan di Kota Makkah. Oleh sebab itu, Yasin termasuk golongan surah Makkiyah. Berbeda halnya, dengan surah yang diturunkan di Madinah disebut kota Madaniyah.

Tidak ada batasan waktu, kapan harus membaca surah Yasin. Pasalnya, surah ini dapat dibaca kapan saja oleh umat muslim. Namun, jika lebih rutin membacanya setiap kamis malam atau malam jum'at, maka akan diberikan kemuliaan oleh Allah SWT.

Dilansir dari tvonenews.com, Ustadz Abdul Somad Batubara dalam ceramahnya mengatakan, apabila ada umat muslim membaca surah Yasin pada malam hari, maka dosanya akan diberi ampunan pada saat subuh. Akan tetapi, bagi yang membaca Yasin pada siang jum'at, maka waktu petangnya dia akan dapat ampunan dari Allah SWT.

“Jadi tidak khusus hari jum'at untuk membaca Yasin. Jadi apa hukumnya membaca Yasin di malam jum'at? Nabi katakan hukumnya baca Yasin di malam jum'at. Tetapi Nabi Saw katakan membaca Yasin setiap hari. Namun, apabila tidak sanggup setiap malam, maka dipilihnya pada malam jum'at,” terangnya.

Kemudian, Ustadz Abdul Somad atau yang akrab disapa UAS ini menceritakan, bahwa surah Yasin adalah sebuah perenungan yang luar biasa, maka banyak manfaat jika membaca surah Yasin yang sangat banyak.

“Lantas sanggupkah orang mati dihidupkan kembali, di surah Yasin ada jawabannya, dan amat sangat baik surah Yasin ini dibaca,” jelasnya.

Bahkan dia mengatakan, banyak surah Yasin yang mengingatkan tingkah laku manusia di muka bumi. Oleh sebab itu, dia mengatakan orang yang meyakini dan sering membaca surah Yasin, tingkat keimanannya bertambah.

“Karena surah Yasin menjadi perenungan yang luar biasa,” kata Ustadz kelahiran 1977 itu.

Sebenarnya keutamaan membaca surah Yasin sendiri ditegaskan dalam sebuah hadis riwayat Abu Daud. “ Barang siapa membaca surah Yasin dan Al – Shaffat di malam Jum'at, Allah mengabulkan permintaannya.”

Selain itu, banyak ulama yang menganjurkan membaca surah Yasin pada malam jum'at. Karena jika membaca surah Yasin pada malam jum'at maka akan dimudahkan dalam sakaratul maut dan meringankan siksa kubur. Disamping keutamaan itu masih terdapat banyak keutamaan lainnya yang tak kalah istimewa.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS