– Untuk dapat terus menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji, kuncinya ialah harus tetap menjaga kondisi fisik maupun mental, termasuk menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Sebab, dalam pelaksanaan ibadah haji, seseorang dapat merasakan manfaat spiritual mana kala memiliki kondisi tubuh yang prima.

Menjaga kesehatan adalah salah satu kunci penting dalam menjalankan ibadah haji. Dengan menjaga kesehatan fisik dan mental, seseorang dapat merasakan manfaat spiritual dan meraih pengalaman haji yang lebih bermakna. Tubuh yang sehat juga memudahkan kita dalam berbagai aktivitas ibadah haji, seperti berjalan antara Safa dan Marwah, ibadah di Padang Arafah, melaksanakan Tawaf dan Sai dan lain sebagainya.

Tetap menjaga kesehatan ketika berhaji juga sangat bermanfaat bagi kita. Saat di tanah suci, sobat sehat nantinya akan terlibat interaksi dengan jutaan orang dari berbagai negara sehingga meningkatkan risiko penyakit menular. Dengan menjaga kesehatan dan mengikuti tindakan pencegahan yang dianjurkan, maka jemaah haji dapat mengurangi risiko tertular penyakit dan terhindar dari gangguan kesehatan yang mengganggu pelaksanaan ibadah.

Menurut sumber dari Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa tips yang diperlukan untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji di antaranya:

  1. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  2. Makan makanan bergizi seimbang dan teratur
  3. Minum air sesering mungkin tidak menunggu haus
  4. Berpikir positif
  5. Membawa persediaan obat yang cukup dan minum sesuai anjuran dokter
  6. Selalu membawa dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) jika keluar pondokan
  7. Tidak merokok
  8. Istirahat yang cukup

Tidak hanya itu, jemaah haji juga perlu melakukan beberapa persiapan kesehatan untuk ibadah haji agar mencegah terhindar dari sebaran berbagai penyakit menular. Berikut ini beberapa persiapan yang harus diperhatikan di antaranya:

Vaksinasi

Pastikan diri kita telah mendapatkan vaksin sesuai yang direkomendasikan sebelum melakukan perjalanan haji, seperti vaksinasi meningitis, influenza, pneumonia, hepatitis dan lainnya. Jangan lupa periksa persyaratan vaksinasi yang diperlukan oleh otoritas kesehatan setempat dan pastikan kita mendapatkan vaksinasi tepat waktu.

Lindungi diri dari panas terik

Cuaca di Mekah dan Madinah dapat menjadi sangat panas, terutama selama musim haji. Pastikan diri untuk menggunakan pakaian yang longgar, melindungi diri dengan topi, dan mengenakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Tidak lupa, minum cukup air untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

Jaga kebersihan diri

Selama perjalanan haji, penting untuk menjaga kebersihan diri dengan baik. Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air bersih atau gunakan hand sanitizer jika tidak tersedia fasilitas mencuci tangan. Hindari menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, karena ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Konsumsi makanan dan minuman yang aman

Pastikan untuk hanya makan makanan yang bersih, matang, dan bebas dari kontaminasi. Hindari makan makanan yang tidak terjamin kebersihannya, terutama di tempat-tempat umum. Minum air yang aman, seperti air kemasan yang tersegel atau air yang telah dimasak.

Siapkan obat-obatan pribadi

Pastikan membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan selama perjalanan haji, seperti obat untuk penyakit kronis atau keluhan kesehatan lainnya. Silahkan simpan obat-obatan tersebut di tempat yang aman dan mudah diakses.

Sementara, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten , Bambang Priyo Utomo menjelaskan, jika para calon jamaah haji di Kabupaten Tuban dihimbau agar para jamaah tatap menjaga kondisi fisik dan kesehatannya sampai hari H keberangkatan.

“Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi. Dan yang terpenting, menjelang keberangkatan, malamnya jangan lek-lekan (jagongan malam.Red) serta menerima tamu sampai larut malam. Lebih baik menjaga kesehatan dengan istirahat,” pungkasnya.

Nah, Sobat Sehat. Dengan menerapkan beberapa tips sehat selama menjalankan ibadah haji di atas, semoga dapat memberikan ketenangan dan kesehatan selama beribadah di Tanah Suci. Sebelum berangkat untuk menunaikan haji, pastikanlah untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis di fasilitas terdekat untuk memeriksa kesehatan sobat sehat secara menyeluruh.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS