– Untuk menanggulangi abrasi akibat arus ombak laut di Pantai Utara Tuban, ratusan personel TNI dari , Korem 082 CPYJ, Forkopimda Tuban, Forkopimca Jenu, perusahaan BUMN yang ada di Tuban dan pelajar di Kabupaten Tuban melaksanakan penanaman pohon mangrove di Pantai Cemara Tuban, Jumat (4/3/2022).

Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan rangkaian HUT ke-73 . Adapun dari kegiatan ini, para peserta melakukan penanaman sebanyak 2000 pohon mangrove.

“Kegiatan penanaman mangrove ini adalah rangkaian ulang tahun Kodam V Brawijaya ke 73,” ungkap Dandim 0811 saat diwawancarai usai pelaksanaan penanaman mangrove.

Ia mengaku jika, penanaman mangrove dan penghijauan ini tidak hanya dilakukan di Tuban, melainkan serentak di seluruh pantai yang ada di Jawa Timur. Sementara di Tuban sendiri, sebelumnya telah menanam sebanyak 20 ribu pohon, dan yang masih hidup hingga saat ini tinggal 4,700 batang.

“Karena sekarang musim baratan, sehingga banyak pohon yang mati. Sekarang kita tambah lagi penanaman sebanyak 2000 pohon, sehingga totalnya menjadi 6,700 batang,” terangnya.

Tanggulangi Abrasi, Kodam V Brawijaya Tanam Mangrove di Pesisir Pantai Tuban
Dandim 0811 Tuban, bersama Danrem 082, Forkopimda Tuban, Perusahaan BUMN di Tuban serta masyarakat dan mahasiswa di Tuban saat melakukan penanaman pohon di

Dengan dilakukannya penanaman pohon secara serentak di Jawa Timur, termasuk pulau Madura ini diharapkan agar seluruh pantai di wilayah Kodam V Brawijaya dapat terlindung dari abrasi serta memberikan efek perekonomian bagi masyarakat.

“Penanaman mangrove ini juga menjadi lahan belajar adik-adik untuk lebih mencintai alam dan meninggalkan warisan yang berguna bagi anak cucu kita dimasa yang akan datang,” tambahnya.

Terkait dengan daerah rawan abrasi di Tuban, Letkol Inf Suhada menerangkan jika terdapat jalur Pantura penghubung Jawa Timur dan Jawa Tengah, tepatnya di Desa Margosuko, Kecamatan Bancar, yang jalannya terdampak abrasi dan hampir masuk ke bibir pantai. Kendati begitu, pihaknya telah intens berkomunikasi dengan Pemda Tuban agar segera ditindaklanjuti.

“Kalau dibiarkan, kita khawatir ombak akan menghantam jalan dan menyebabkan arus lalu lintas terputus. Maka itu, untuk penanggulangannya, kami telah berkoordinasi Bupati dan agar jalan itu segera ada penanganan,” harap Dandim Tuban.

Pihaknya juga berharap, ke depan TNI akan selalu bersinergi dengan Forkopimda Tuban dalam rangka mensukseskan seluruh program yang ada, baik program penghijauan maupun program kesejahteraan masyarakat.

“Kami TNI, khususnya Kodim 0811 akan selalu bersinergi setiap saat,” tutupnya tegas.

Ikuti Berita dan Artikel terbaru Ronggo.id di GOOGLE NEWS